UKM Gaptek Bukan Hambatan untuk 'Go Digital'

Usaha kecil dan menengah (UKM).
Usaha kecil dan menengah (UKM).
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Telkomsel dan Feedloop berkolaborasi mengembangkan SaaS (software as a service) khusus untuk segmen usaha kecil dan menengah (UKM).

Kemitraan strategis ini wujud nyata untuk mendorong pemberdayaan inovator lokal, terutama startup potensial untuk terus tumbuh melalui pemanfaatan dan pengoptimalan ekosistem, aset, dan kompetensi.

Menurut Vice President Enterprise Product Management Telkomsel Hanang Setiohargo, pengembangan SaaS untuk UKM sangat dibutuhkan mengingat masih banyaknya pelaku usaha di sektor ini yang belum go digital.

Terbatasnya pengetahuan dan kemampuan talenta UKM terhadap teknologi digital masih menjadi problematika yang harus dicari solusinya.

Ia melihat bahwa penerapan SaaS menjadi salah satu solusi yang paling relevan karena memungkinkan siapa saja dapat membuat atau membangun platform sendiri tanpa perlu melakukan instalasi server bahkan belajar bahasa pemrograman.

"Peluang inilah yang ingin kami optimalkan melalui kolaborasi yang terjalin dengan Feedloop sebagai startup yang bergerak di bidang SaaS," ungkapnya, melalui konferensi pers virtual, Rabu, 28 September 2022.