Rusia Blokir SoundCloud

Soundcloud, jejaring sosial musisi digital.
Soundcloud, jejaring sosial musisi digital.
Sumber :
  • dubstep.lv

VIVA Tekno – Aplikasi streaming dan berbagi musik, SoundCloud diblokir di Rusia. Tindakan ini dilakukan oleh regulator media Rusia, Roskomnadzor mengikuti permintaan dari Kantor Kejaksaan Agung.

Roskomnadzor menyebutkan layanan tersebut bertentangan dengan undang-undang perlindungan informasi Rusia, menurut data yang disajikan oleh Roskomnadzor.

Platform tersebut melanggar peraturan yang melarang “seruan untuk kerusuhan sipil besar-besaran, kegiatan ekstremis” dan menyebarkan “informasi palsu tentang kepentingan publik” yang diklaim berpotensi memiliki konsekuensi serius bagi perdamaian publik atau kehidupan dan kesehatan masyarakat, kata badan tersebut, seperti dilansir dari situs RT, Minggu, 2 Oktober 2022.

Kendati begitu, alasan pasti pemblokiran masih belum jelas hingga saat ini. Baik Roskomnadzor maupun Kantor Kejaksaan Agung sejauh ini tidak membuat pernyataan apa pun tentang masalah ini.

Begitu pula dengan SoundCloud, layanan berbagi dan streaming musik yang berbasis di Berlin ini juga tidak mengomentari larangan tersebut.

Sejak beberapa bulan terakhir, Rusia memang tengah marak menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan teknologi besar.

Pada bulan Juli lalu, Rusia menjatuhkan sanksi terhadap Tinder, WhatsApp, dan Snapchat lantaran menolak untuk tunduk terhadap peraturan pelokalan data Rusia.

Halaman Selanjutnya
img_title