India Akhirnya Punya 5G

Peluncuran Jaringan 5G di India.
Peluncuran Jaringan 5G di India.
Sumber :
  • Gizmochina.com

VIVA Tekno – India meluncurkan layanan konektivitas 5G di negaranya, peluncuran ini digelar pada tanggal 1 Oktober 2022 dan diumumkan langsung oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Dalam peluncurannya itu, artinya, India secara resmi telah bergabung dengan negara-negara yang telah menggunakan layanan ini selama beberapa tahun terakhir.

Lebih dalam, melalui pernyataan resminya, India mengumumkan nantinya layanan ini baru akan tersedia di beberapa wilayah di India saja, kendati begitu Modi berjanji, nantinya layanan itu dapat dinikmati di seluruh wilayah di India.

Sejauh ini, total terdapat 13 kota di India yang dapat menikmati layanan 5G tersebut, meliputi kota Ahmedabad, Bengaluru, Chandigarh, Chennai, Delhi, Gandhinagar, Gurugram, Hyderabad, Jamnagar, Kolkata, Lucknow, Mumbai, dan Pune, seperti dikutip dari situs Gizchina, Minggu, 2 Oktober 2022.

Sayangnya, dari seluruh kota yang disebutkan diatas juga, penyedia telekomunikasi seperti Airtel, Jio, dan Vodafone Idea akan meluncurkan layanan 5G secara bertahap.

Artinya, orang-orang yang tinggal di kota-kota yang disebutkan itu, mungkin juga masih perlu waktu untuk dapat menikmati akses tersebut.

Nantinya, kota-kota besar seperti Mumbai, Delhi, Kolkata, dan Chennai merupakan kota-kota pertama yang akan merasakan jaringan 5G tersebut.