Jangan Lagi Tidur Bersama dengan Ponsel

Lelah setelah bangun tidur
Sumber :
  • Eat This

VIVA Tekno – Ada banyak penelitian yang mengatakan untuk tidak meletakkan ponsel di dekat tempat tidur. Salah satu tinjauan sistemik terhadap 20 penelitian menunjukkan bukti kuat dan konsisten tentang hubungan antara akses waktu tidur atau penggunaan perangkat elektronik terhadap penurunan kuantitas dan kualitas tidur, dan rasa ngantuk di siang hari.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Itu berarti jika ponsel berada dalam jangkauan tempat tidur, mereka cenderung tidak tidur nyenyak dan dalam waktu yang lebih singkat. Pada akhirnya, ini mempengaruhi kinerja kognitif di siang hari.

Hasil ini terjadi bahkan jika para peserta tidak menggunakan ponsel mereka di tempat tidur. Kehadiran telepon di kamar tidur meningkatkan kemungkinan hasil tidur yang merugikan, menurut laman Android Authority, Selasa, 4 Oktober 2022.

5 Rahasia Tidur Nyenyak Tanpa Cemas, Usir Insomnia dengan Tips Ampuh Ini!

Tidur sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik kita, terutama untuk perkembangan biopsikososial anak-anak. Karena perangkat seluler dan media portabel telah menjadi bagian dari kehidupan kita yang ada di mana-mana, dampak pada kualitas tidur menjadi perhatian. 

Banyak dari kita menggunakan ponsel cerdas sebagai hal terakhir yang digunakan sebelum tidur di malam hari dan hal pertama yang kita periksa segera setelah kita bangun. Siklus kebiasaan ini, meskipun sulit untuk dihentikan, sama sekali tidak membantu untuk kebersihan tidur kita dan kesehatan mental serta fisik.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Lelah setelah bangun tidur

Photo :
  • Eat This

Pra-remaja paling terpukul dengan kebiasaan ini di mana mereka yang berusia sepuluh tahun kehilangan delapan hingga sembilan jam tidur per minggu.

Penelitian memang memiliki ukuran sampel yang relatif kecil, tetapi ini jadi salah satu yang pertama untuk melihat secara mendalam bagaimana situs-situs seperti TikTok dan Instagram mendorong 'ketakutan kehilangan' pada anak-anak.

Salah satu konsekuensi negatif dari kurang tidur adalah berkontribusi pada depresi. Data yang diukur dari ratusan remaja menemukan bahwa mereka yang menggunakan media sosial tingkat tinggi sebelum tidur mengalami kesulitan tidur yang lebih besar, yang pada gilirannya berkorelasi kuat dengan tingkat depresi yang lebih tinggi.

Ilustrasi remaja bermain ponsel.

Photo :
  • U-Report

Jadi ada semacam reaksi berantai di mana remaja yang terbangun di malam hari dengan ponsel mereka akhirnya kehilangan tidur, yang mengarah ke gejala depresi. Ini juga dapat menyebabkan kinerja akademik yang lebih buruk.

Bukan hanya anak-anak dan remaja, penelitian menemukan bahwa penggunaan ponsel sebelum tidur berhubungan negatif dengan hasil tidur pada orang dewasa juga. 

Secara khusus, sebuah penelitian menemukan kebiasaan ini dikaitkan dengan peningkatan kelelahan dan tidur lebih lama untuk orang dewasa di usia 40-an. Itu juga terkait dengan waktu bangun yang lebih awal dan durasi tidur yang lebih pendek di antara orang dewasa usia 60-an.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya