Facebook Bakal Banyak Pecat Karyawan

Kantor pusat Facebook.
Kantor pusat Facebook.
Sumber :
  • TIME

VIVA Tekno – Facebook adalah salah satu perusahaan teknologi (sosial media) terbesar di dunia. Namun, tampaknya, perusahaan sebesar Facebook pun mengalami sebuah masalah internal.

Para eksekutif Facebook sedang dalam proses melaksanakan “pemutusan hubungan kerja” para pekerja yang memiliki kinerja yang buruk, yang mana dapat menyebabkan ribuan karyawan mendapatkan "slip merah muda", melansir dari Insider, Rabu 5 Oktober 2022. 

Beberapa karyawan mengatakan kepada Insider bahwa sebanyak 15% dari tenaga kerja perusahaan tersebut dapat "dipangkas" dalam beberapa minggu ke depan.

Kantor pusat Facebook

Kantor pusat Facebook

Photo :
  • TIME

Seorang karyawan mengatakan kepada Insider bahwa manajer di seluruh perusahaan diminta untuk memilih setidaknya 15% dari tim mereka yang dikategorikan sebagai "karyawan yang membutuhkan dukungan."

Karyawan Facebook menggunakan aplikasi tempat kerja Blind, di mana mereka berspekulasi bahwa kemungkinan siapa pun yang ditempatkan dalam kategori 15% akan kehilangan pekerjaan. Menghilangkan 15% tenaga kerja atau karyawan Facebook berarti sekitar 12.000 karyawan akan kehilangan pekerjaannya. 

Mereka yang dianggap “membutuhkan dukungan” secara luas dianggap sebagai karyawan yang gagal memenuhi tujuan kinerja. Karyawan ini kemudian dikenakan persyaratan baru di bawah "Performance Improvement Plan" (PIP) atau  "rencana peningkatan kinerja" (PIP) - yang dipandang sebagai awal karyawan yang akan kehilangan pekerjaan.