Ilmuwan Selidiki Fenomena Misterius Deja Vu

Ilustrasi deja vu.
Ilustrasi deja vu.
Sumber :
  • University of Adelaide

VIVA Tekno – Pernahkah Anda memiliki perasaan aneh ketika mengalami situasi yang sama persis sebelumnya? Kadang-kadang ini bisa tampak seperti Anda menghidupkan kembali sesuatu yang sudah terjadi. 

Fenomena ini dikenal sebagai deja vu yang telah membingungkan para filsuf, ahli saraf hingga ilmuwan untuk waktu yang sangat lama, menurut laman Science Alert, Kamis, 6 Oktober 2022.

Dimulai pada akhir 1800-an, banyak teori mulai muncul mengenai apa yang mungkin menyebabkan deja vu, yang mempunyai arti 'sudah terlihat' dalam bahasa Prancis.

Orang mengira mungkin itu berasal dari disfungsi mental atau mungkin sejenis masalah otak atau mungkin itu adalah gangguan sementara dalam operasi normal ingatan manusia.

Pada awal milenium ini, seorang ilmuwan bernama Alan Brown memutuskan untuk meninjau semua yang telah ditulis peneliti tentang deja vu.

Beberapa hal yang dia temukan terkait dengan hal-hal supernatural seperti kehidupan masa lalu atau kemampuan psikis. Dia juga menemukan penelitian yang mensurvei orang-orang dengan pengalaman deja vu.

Dari semua makalah ini, Brown dapat mengumpulkan beberapa temuan dasar tentang fenomena deja vu. Diperkirakan ada dua pertiga orang mengalami deja vu di beberapa titik dalam hidup mereka.