Misi Crew-5 SpaceX Mendarat di ISS

Astronot SpaceX Crew-5 Anna Kikina.
Sumber :
  • SpaceX

VIVA Tekno – Misi astronot teranyar SpaceX telah berhasil dilaksanakan. Misi yang bernama misi Crew-5 ini diluncurkan 2 hari lalu, tepatnya pada hari Rabu, 5 Oktober 2022 dari pusat luar angkasa di Florida.

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Misi tersebut mengirimkan kapsul dragon yang menggunakan roket Falcon 9 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) setelah menjalani 29 jam orbital case.

Dua pesawat ruang angkasa itu terbang di atas Samudra Atlantik di lepas pantai Afrika Barat.  Operasi docking selesai sekitar 10 menit kemudian, mengutip dari situs Space, Jumat, 7 Oktober 2022.

Satelit Merah Putih 2 akan Beroperasi Penuh

Para astronot misi Crew-5, Nicole Mann dan Josh Cassada dari NASA, Koichi Wakata dari Jepang, dan kosmonot Anna Kikina melayang di atas lab yang mengorbit sekitar 10 menit kemudian danereka akan tinggal di ISS selama lima bulan.

Nantinya para astronot Crew-5 bergabung dengan tujuh awak yang sudah berada di ISS, empat di antaranya adalah anggota misi Crew-4 SpaceX. Kedatangan Crew-5 memulai hitungan mundur untuk keberangkatan Crew-4 dari stasiun, yang akan terjadi dalam waktu sekitar seminggu, kata Sarah Walker, direktur manajemen misi Dragon di SpaceX.

Gawat! Elon Musk Ngobat

Sebagai informasi tambahan, Mann adalah wanita asli Amerika pertama di luar angkasa, dan Kikina adalah kosmonot pertama yang terbang dengan SpaceX Dragon.

Dragon Endurance juga mengangkut misi Kru-3 SpaceX ke ISS dan kembali.  SpaceX mengoperasikan armada empat kapsul Crew Dragon, yang diperbaharui dan diuji sebelum setiap reflight.  Ketahanan terbang dengan kombinasi komponen baru dan sebelumnya diterbangkan, termasuk pelindung panas baru, parasut, dan kerucut hidung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya