Laba Samsung Merosot

Ilustrasi semikonduktor.
Sumber :
  • The Verge

VIVA Tekno – Penurunan dalam industri chip dimulai pada bulan-bulan musim panas karena crash kripto menyebabkan penambang blockchain membanjiri pasar dengan kartu grafis yang sebelumnya sulit ditemukan.

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Hampir dalam semalam permintaan mereda dan menyebabkan harga perangkat keras kartu grafis turun hampir setengahnya. CEO Nvidia Jensen Huang mengakui pada bulan Agustus bahwa perusahaan membuat terlalu banyak kartu grafis sehingga sekarang harus menjualnya dengan harga lebih murah. Tapi Nvidia tidak sendirian dalam kekacauan ini.

Baru tahun lalu, satu-satunya cerita tentang chip adalah bahwa produsen tidak dapat membuat cukup banyak chip untuk memenuhi permintaan yang kuat untuk elektronik konsumen, mobil, dan produk lain yang membutuhkan semikonduktor.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Bahkan ketika kekurangan berlanjut untuk jenis semikonduktor tertentu, ceritanya menjadi lebih bernuansa, terutama untuk raksasa seperti Samsung dan AMD yang terbang tinggi dalam pendapatan dan keuntungan pada tahun 2021 hingga 2022.

Chip Samsung Exynos 9825

Photo :
  • Samsung
Kisah Unik Penyamaran Intel Anggota Kopassus Jadi Penjual Durian

Sekarang mereka sedang terpesona oleh gelombang yang sama seperti yang dirasakan Nvidia dan Intel musim panas ini. Samsung melaporkan pemotongan penjualan 32 persen, sementara AMD memperingatkan investor bahwa itu akan meleset dari perkiraan sebelumnya sekitar US$1 miliar.

Penurunan penjualan PC memberikan penjelasan soal mengapa prosesor dari AMD dan Intel tidak diminati seperti di awal pandemi. Setiap orang secara bersamaan memiliki insentif untuk meningkatkan laptop, mesin game, dan pengaturan kerja dari rumah. Namun sekarang penjualan telah melambat.

CEO Intel Pat Gelsinger mengatakan, salah satu cara membalikkan keadaan adalah dengan memungkinkan ekosistem PC memiliki produk yang lebih baik daripada yang dilakukan oleh Mac milik Apple.

Tapi itu belum terjadi, dan untuk raksasa seperti Samsung, itu bahkan tidak mengatasi perlambatan permintaan untuk server cloud dan mesin lainnya, menurut laman The Verge, Senin, 10 Oktober 2022.

Prosesor Intel Core generasi 12.

Photo :
  • Dok: Intel

Analis Gartner, Gaurav Gupta, Joseph Unsworth, dan Jon Erensen menyebut bahwa OEM lain juga menghadapi inventaris tinggi dan permintaan rendah.

"OEM telah menumpuk inventaris pada tahun 2021 dan paruh pertama tahun 2022 akibat panik pembeliaan saat kekurangan stok atau melakukan pemesanan dua kali lipat," kata para analis.

Mereka juga menunjukkan bahwa peringatan Samsung dan AMD ini disebabkan oleh perkiraan yang lemah di PC, smartphone, dan elektronik konsumen, meskipun area lain seperti otomotif relatif kuat.

Bisnis chip memori dan penyimpanan Samsung menjadikannya pembuat chip terbesar di atas Intel pada tahun 2018, meskipun perusahaan terakhir kali membuat prosesor X86.

Pada bulan Juli, Intel mengalami kerugian dan melaporkan penurunan pendapatan sebesar 22 persen karena didorong oleh penjualan PC yang rendah dan kerugian operasi untuk mengeluarkan GPU Arc.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya