Asteroid Musnahkan Dinosaurus dan Sebabkan Gempa Bumi Besar

Ilustrasi Dinosaurus.
  • NY Post

VIVA Tekno – Asteroid yang menghantam bumi 66 juta tahun lalu dan berhasil memusnahkan dinosaurus ternyata juga berhasil membuat gempa bumi besar yang mengguncang bumi selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Hal ini diungkapkan oleh penelitian terbaru di Montclair State University, New Jersey yang menunjukkan bahwa asteroid tersebut juga memicu gempa yang melepaskan energi setara dengan 10^23 joule atau sekitar 50.000 kali lebih banyak daripada yang dilepaskan oleh gempa berkekuatan 9,1 Skala richter yang pernah melanda Sumatera pada tahun 2004 silam.

Hermann Bermúdez, ahli geologi di Montclair State University di New Jersey, menilai besarnya gempa yang dipicu oleh dampak Chicxulub dengan mengunjungi singkapan peristiwa kepunahan massal yang terletak di Texas, Alabama dan Mississippi, mengutip dari situs Space, Senin, 10 Oktober 2022.

Bumi Punya Tameng Langit

Dia juga memasukkan penelitiannya sendiri sebelumnya mengenai efek dari dampak asteroid di Kolombia dan Meksiko. Di Pulau Gorgonilla Columbia, sekitar 1.900 mil (3.000 km) dari lokasi tumbukan Chicxulub, ahli geologi telah menemukan lapisan sedimen yang mengandung endapan bola.

Spherules adalah manik-manik kaca kecil tidak lebih besar dari sebutir pasir (sekitar 1 milimeter) yang terbentuk ketika panas dan tekanan dari dampak besar melelehkan material dari kerak bumi dan mengeluarkannya ke atmosfer, di mana ia mendingin menjadi manik-manik kaca dan kemudian jatuh kembali ke Bumi.

Ngeri, Asteroid Besar Meledak di Atas Ibu Kota

Selain spherules, Bermúdez juga menemukan di sedimen yang sama lebih banyak tektite dan microtektites yang mirip pecahan, yang juga mewakili material yang dikeluarkan ke atmosfer selama tumbukan asteroid.

Spherules dan tektites yang ditemukan di sepanjang pantai Pulau Gorgonilla mengungkapkan apa yang terjadi di dasar laut sekitar 2 km di bawah air sekitar waktu tumbukan asteroid.

Saat penabrak Chicxulub menghantam Bumi, lapisan lumpur dan batu pasir setinggi 33 hingga 50 kaki (10 hingga 15 meter) di bawah dasar laut berubah bentuk. Bermúdez berpikir bahwa deformasi ini, yang dipertahankan pada singkapan hari ini, disebabkan oleh guncangan akibat benturan.

Sesar dan deformasi yang merupakan ciri geologis dari goncangan ini terus berlanjut hingga lapisan sedimen yang kaya akan bola.  Lapisan-lapisan ini pasti telah diendapkan setelah tumbukan, tetapi karena lapisan-lapisan ini membutuhkan waktu untuk menumpuk, Bermúdez berhipotesis bahwa goncangan yang dipicu oleh tumbukan berlanjut selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Bermúdez juga menemukan bukti gempa besar yang dipicu oleh dampak Chicxulub dalam catatan geologis di Meksiko, di mana ia menemukan tanda likuifaksi, di mana guncangan kuat tersebut menyebabkan sedimen jenuh air mengalir seperti cairan.

Selain itu, di Mississippi, Alabama dan Texas, Bermúdez mengamati patahan dan retakan yang juga kemungkinan terkait dengan gempa besar yang disebabkan oleh dampak Chicxulub.  Beberapa singkapan juga menunjukkan tanda-tanda endapan yang ditinggalkan oleh gelombang besar tsunami yang juga dipicu oleh dampak asteroid besar ke Bumi.