Luncurkan Modul Mengtian, Stasiun Luar Angkasa China Segera Rampung

Modul Mengtian milik China.
Sumber :
  • Space.com

VIVA Tekno – Modul Mengtian milik China dijadwalkan akan meluncur pada akhir Oktober tahun ini. Modul ketiga dan final dari stasiun luar angkasa China ini saat ini sudah diisi oleh propelan dalam persiapannya untuk mengorbit pada akhir bulan nanti, mengutip dari situs Space, Selasa, 11 Oktober 2022.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Hal ini disampaikan oleh Badan Antariksa China (CMSA) yang mengumumkan pada 9 Oktober lalu. Tetapi, CMSA sendiri masih belum memastikan tanggal peluncuran tersebut dan akan diluncurkan dari Wenchang dengan roket Long March 5B.

Mengtian akan menggunakan propelan untuk membantunya bertemu dan berlabuh dengan dua modul stasiun luar angkasa Tiangong yang sudah mengorbit lebih dulu. Beberapa waktu lalu, China telah lebih dulu meluncurkan modul inti, bernama Tianhe pada April 2021 lalu dan mengirim modul eksperimen Wentian ke orbit pada Juli tahun ini.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Mengtian memiliki struktur sepanjang 17,9 meter dan berat kira-kira 48.500 pon yang dirancang terutama untuk menampung berbagai rak dan eksperimen sains.

Modul ini juga membawa dua susunan surya yang bersama-sama memiliki lebar sayap total lebih dari 180 kaki dan membantu menyediakan daya untuk Tiangong.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Setelah berlabuh di Tiangong, modul baru akan dipindahkan dari port dok depan ke port lateral menggunakan perangkat mekanis bertenaga yang dibuat khusus dalam manuver yang serupa dengan yang dilakukan dengan modul Wentian pada 30 September. Ini akan menyelesaikan pembangunan  Pos terdepan orbit Tiangong berbentuk T.

Khususnya, tahap pertama yang besar dari tiga roket Long March 5B yang diluncurkan sebelumnya telah memasuki orbit dan membuat masuk kembali yang tidak terkendali sekitar seminggu setelah peluncuran.  Masuknya kembali tahap pertama yang berapi-api dari peluncuran modul Wentian pada bulan Juli terlihat oleh penonton di Malaysia dan Indonesia.

Adapun, Mengtian sendiri telah sampai di Wenchang spaceport sejak Agustus lalu dan dalam proses konstruksi dan pengujian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya