Dalam Sehari Mark Zuckerberg Kehilangan Harta Rp476 Triliun

Kepala Eksekutif Meta, Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • Adweek

VIVA Tekno – Kekayaan bersih CEO Meta, Mark Zuckerberg yang pernah menjadi orang terkaya ketiga di planet ini, anjlok lebih dari 50 persen pada tahun 2022, menjatuhkannya ke posisi 20 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. 

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Zuckerberg memiliki US$142 miliar (Rp2.000 triliun) pada September 2021. Namun satu bulan setelah dia memperkenalkan Meta, mengubah nama perusahaan dari Facebook, kekayaannya menjadi sekitar US$55 miliar (Rp844 triliun). 

Nilainya turun lebih dari US$71 miliar (sekitar Rp1.000 triliun) pada tahun 2022 saja. Saham Meta, yang berperan pada sebagian besar kekayaannya, juga telah kehilangan sekitar 60 persen nilainya dalam jangka waktu yang sama.

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Pada bulan Februari, hanya beberapa bulan setelah rebrand, Zuckerberg mengungkapkan jumlah pengguna Facebook menurun untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Ini memicu keruntuhan bersejarah dalam harga sahamnya, yang juga tercermin dalam nilai pribadi miliarder itu, melansir dari laman The Star, Rabu, 12 Oktober 2022.

Gawat! Elon Musk Ngobat

Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Photo :
  • financenews24.com

Jadi hanya dalam satu hari saja, kekayaan bersihnya turun sekitar US$31 miliar (Rp476 triliun) merupakan salah satu penurunan kekayaan terbesar yang pernah tercatat dalam periode harian. 

Perusahaan pada bulan April mengatakan telah menghabiskan sekitar US$10 miliar (Rp153 triliun) dalam investasi Meta dan lebih dari 10.000 orang ditugaskan untuk membuat proyek Meta menjadi kenyataan.

Zuckerberg pernah menempati peringkat orang terkaya di dunia tepat di belakang orang-orang seperti CEO Tesla, Elon Musk dan Jeff Bezos dari Amazon di Daftar Miliarder Forbes.

Musk dengan kekayaan bersih US$268 miliar (sekitar Rp4.000 triliun), telah mempertahankan posisi teratas. Bezos berada di posisi ketiga pada 21 September, dengan perkiraan kekayaan bersih US$145 miliar (sekitar Rp2.000 triliun).

Musk dikenal sebagai bos perusahaan mobil listrik Tesla dan perusahaan roket swasta SpaceX. Dia juga mengepalai startup teknologi otak Neuralink dan The Boring Company, yang bertujuan untuk menyelesaikan lalu lintas di kota-kota dengan menggali jaringan terowongan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya