Teori Pendukung Asal-usul Virus Corona, Bukan dari Pasar Wuhan

Petugas pemakaman jenazah COVID-19 di TPU Tegal Alur mengenakan APD dan menjalani protokol khusus cegah virus corona.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Tekno – Para ahli telah mengklaim bahwa sebelum wabah virus corona dimulai di Wuhan, China, negara itu telah menimbun pasokan APD (alat pelinding diri). 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Berbulan-bulan sebelum wabah virus dimulai, negara itu sangat membatasi ekspor alat pelindung diri seperti gaun dan masker, bahkan mulai membeli pasokan dari Eropa, Amerika Serikat dan Australia. 

Antara Agustus-September 2019, ekspor pasokan APD ke AS turun sekitar setengahnya, meningkatkan alarm di lembaga-lembaga utama pemerintah AS. 

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Para ahli mengklaim bahwa penimbunan pasokan oleh produsen APD terbesar di dunia ini menempatkan garis waktu sebenarnya dari munculnya wabah, menurut situs Express, Selasa, 11 Oktober 2022.

Bukti ini diungkapkan oleh mantan pejabat pemerintah AS termasuk Penasihat Kesehatan Senior di Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) Tom McGinn dan Kolonel John Hoffman, Peneliti Senior di Institut Perlindungan dan Pertahanan Makanan. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Para ahli mencatat bahwa pada bulan-bulan menjelang wabah Desember 2019, China mulai menimbun pasokan APD. Mereka mencari teori alternatif, selain asal Covid-19 dari pasar basah Wuhan.

Keduanya menjelajahi database Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan yang melacak barang-barang yang masuk ke AS. 

"Anda dapat pergi dan melihat sekitar tiga tahun yang lalu (pada data impor). Ini bukan naik turun normal yang terjadi," kata Hoffman. 

Keduanya telah mempresentasikan informasi tersebut ke kantor DHS untuk Countering Weapons of Mass Destruction. Namun badan pemerintah menolak untuk menyelidiki, mencatat bahwa penurunan tersebut mencerminkan fluktuasi pasokan yang normal

Hampir tiga tahun sejak wabah dimulai, banyak ahli percaya bahwa virus itu mungkin telah bocor dari eksperimen yang dilakukan di lab Dr Shi Zhengli di Institut Virologi Wuhan (WIV), mempelajari virus corona yang ditularkan oleh kelelawar.

McGinn dan Hoffman juga berbicara dengan ilmuwan senior di EcoHealth Alliance, sebuah organisasi nirlaba yang dikenal menyalurkan dana pemerintah AS ke lab Dr Shi Zhengli di WIV.

Seorang ilmuwan, yang meminta anonimitas mengkonfirmasi kepada para ahli bahwa pandemi tidak mungkin dimulai di pasar basah Wuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya