Keamanan Siber di Sektor Ini Jadi Prioritas BSSN

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
Sumber :
  • VIVA

VIVA Tekno – Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN Ariandi Putra mengatakan keamanan siber pada Infrastruktur Informasi Vital (IIV) Nasional harus diutamakan. Sebab, merupakan sistem elektronik yang memanfaatkan teknologi informasi atau operasional, baik berdiri sendiri maupun saling bergantung.

Jangan Coba-coba Jual Laptop dan HP Tua kalau Tak Mau Menyesal

"Jadi, IIV bertugas menunjang sektor strategis yang jika terjadi gangguan, kerusakan, dan/atau kehancuran pada infrastruktur dimaksud berdampak serius terhadap kepentingan umum, pelayanan publik, Pertahanan dan keamanan, atau perekonomian nasional," kata dia, melalui keterangan resminya, Jumat, 14 Oktober 2022.

Menurutnya, perlindungan Infrastruktur Informasi Vital Nasional tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2022 yang merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap sektor strategis.

Jenderal Hinsa Siburian: BSSN Tidak Boleh Anti dengan Perubahan Zaman

“Tujuan dibentuknya Perpres IIV adalah untuk mencegah terjadinya gangguan, kerusakan, dan/atau kehancuran pada IIV akibat serangan siber. Selain itu juga untuk meningkatkan kesiapan dalam menghadapi insiden siber dan mempercepat pemulihan dampak dari insiden siber,” tutur Ariandi.

3 Langkah Antisipasi Ancaman Kejahatan Siber

Ia juga mengungkapkan bahwa sesuai amanat Perpres 82/2022, BSSN berperan sebagai koordinator dalam penyelenggaraan pelindungan IIV. "Kami sebagai koordinator bekerja sama dengan berbagai sektor seperti Kementerian Pertahanan, Perhubungan, Keuangan, Kesehatan," paparnya.

Adapun, sektor-sektor IIV terdiri dari sektor administrasi pemerintahan, energi, transportasi, keuangan, kesehatan, teknologi informasi dan komunikasi, pangan, pertahanan, dan sektor lain yang ditetapkan oleh Presiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya