Telkomsel Unjuk Kebolehan di Depan Mantan Perdana Menteri Inggris

Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair (tengah), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri), dan 5G AI Robot Telkomsel (kanan).
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA Tekno – Telkomsel unjuk kebolehan di depan mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair. Operator telekomunikasi milik Grup Telkom itu menghadirkan 5G AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan) Robot, yang diyakini memiliki kemampuan menyerupai manusia.

Harus 'Move On' dari Libur Lebaran, Saatnya Kembali Produktif

AI Robot ini juga diklaim mampu menyambut dan mengenali tamu yang hadir serta memberikan atraksi hiburan, menunjukkan potensi pemanfaatannya untuk pelayanan di berbagai industri. Mulai dari media, hiburan, hingga ritel.

"Kami terus membuka peluang kemajuan dengan menghadirkan potensi transformasi ekosistem industri dan kapabilitas digital terbaiknya bersama Telkom Group, demi akselerasi kedaulatan digital bangsa dan dunia," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 18 Oktober 2022.

Alibaba Cloud Diskon Harga

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam.

Photo :
  • Telkomsel
Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

Unjuk kebolehan 5G AI Robot Telkomsel ini bagian dari penunjang program Presidensi G20 di Nusa Dua, Bali pada November mendatang.

Menurutnya, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan berupa 39 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik kegiatan.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan State-Owned Enterprise (SOE) International Conference & Expo, unjuk kebolehan pemanfaatan teknologi 5G Telkomsel bersama Telkom Group tersebut mengangkat potensi transformasi ekosistem industri dan kapabilitas digital masa depan melalui kolaborasi strategis lintas BUMN.

Tidak hanya Tony Blair yang hadir, tapi juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, serta sejumlah delegasi dari perwakilan negara-negara anggota G20.

Selain 5G AI Robot, Hendri mengaku menghadirkan beberapa skenario implementasi teknologi 5G, seperti 5G Smart Mining yang terdiri dari 5G in The Box, 5G Connected Worker, dan 5G Computer Vision.

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) & mantan PM Inggris Tony Blair (paling kanan)

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) & mantan PM Inggris Tony Blair (paling kanan)

Photo :
  • Telkomsel

Teknologi 5G in The Box merupakan inovasi teknologi jaringan 5G portabel yang hadir dalam bentuk ringkas. Keringkasan ini mendukung proses deployment 5G yang lebih cepat dan lebih mudah untuk diimplementasikan, terutama dalam proses trial jaringan private 5G bagi pelanggan korporasi.

Telkomsel juga menghadirkan teknologi wearable 5G Connected Worker yang dapat mendukung koordinasi serta pengelolaan keselamatan dan keamanan operasional karyawan di lingkungan kerja.

Terakhir, Hendri juga menunjukkan kecanggihan 5G Computer Vision dengan AI yang memungkinkan beragam kegunaan di lapangan, mulai dari pendeteksian barang, pemantauan akses, hingga pemindaian muatan.

Ia lalu memberi contoh implementasi untuk industri pertambangan bersama PT Freeport Indonesia dan MIND.ID melalui penerapan 5G Underground Smart Mining pada September 2022.

"Teknologi 5G Smart Mining membuka peluang besar terhadap transformasi digital serta peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya