Pemerintah Nyatakan Komitmennya Dukung Perkembangan Industri Game Lokal

Game Moba Lokapala Besutan Anak Bangsa.
Sumber :
  • Dok. Lokapala

VIVA Tekno – Pemerintah Republik Indonesia nyatakan komitmennya untuk mendukung pengembangan industri game lokal. Hal ini dirasa juga sejalan dengan keputusan presiden yang menarget penguasaan market game nasional hingga 70 persen pada tahun 2024.

Tips Mendapatkan Harga Diamond yang Affordable, Nggak Perlu Habiskan Jutaan Rupiah!

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendukung pengembangan industri game lokal. Hal ini juga sejalan dengan Keputusan Presiden tentang 7 kelompok kerja pengembangan industri game dan target penguasaan market game nasional sebesar 70 persen di tahun 2024.” ujar Odo RM Manuhutu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Tentu hal ini menjadi tantangan yang cukup besar, mengingat untuk saat ini, hampir seluruh besaran market game di Indonesia saat ini dikuasai oleh game-game impor.
 
“Besar market game di Indonesia sebesar 36 triliun tahun ini, namun game lokal hanya menguasai 0.5 persen, lebih dari 99 persen market Indonesia masih dikuasai oleh game game impor,” kata dia.

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

Game Moba Lokapala Besutan Anak Bangsa

Photo :
  • Tangkapan Layar Lokapala

Selain itu, dalam konteks pemerintah daerah, khususnya pemerintah provinsi Jawa Tengah juga menunjukkan dukungannya atas industri Esports di Indonesia.

Jonatan Christie Won BAC 2024 After Defeating Li Shi Feng

Dukungan ini ditunjukkan dengan digelarnya Grand Final Piala Gubernur Grab Ksatriya Pilih Tanding yang bertemakan budaya dari Nusantara.

Sebelumnya, rangkaian turnamen yang sudah berlangsung selama 1,5 bulan ini telah diikuti oleh lebih dari 500 orang.

Pada acara tersebut, turut digelar juga talkshow bertajuk “Pelestarian Budaya di Era Digital & Empowering Local Economy and Digitalization”.

Dalam talkshow tersebut, game dipercaya dapat menjadi tempat mengenalkan budaya dan sejarah nusantara, dan bukan sekedar saluran rekreasi.
 
“Sekarang ini game bukan hanya untuk rekreasi, melainkan dapat menjadi medium dalam memperkenalkan budaya dan sejarah Nusantara, khususnya pada generasi muda Indonesia yang didominasi oleh usia produktif,” kata Ivan Chen, CEO Anantarupa Studios dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Secara optimis, Indonesia diyakini memiliki banyak talenta digital yang siap mengembangkan industri 4.0 kedepannya.

Sekaligus diharapkan juga agar industri game dapat membawa ke arah kebangkitan ekonomi nasional kedepannya.

“Kami percaya bahwa Indonesia punya banyak talenta-talenta digital yang siap membangun dan mengembangkan industry 4.0. Dengan potensi industri game yang sangat besar, diharapkan industry game ini dapat menjadi key driver atau lokomotif kebangkitan ekonomi nasional,” kata Kertapradana Subagus, Director BD & Strategic Partnership Grab Indonesia.

Salah satu game besutan anak bangsa, Lokapala sendiri merupakan game MOBA buatan Indonesia yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios dan di publish oleh Upoint Games dan Dunia Games.

Melalui game-nya, mereka menghadirkan berbagai ksatriya-ksatriya yang terinspirasi dari berbagai tokoh Nusantara.

Salah satunya ialah, ksatriya terbaru Lokapala Suryakusuma yang terinspirasi dari sosok Mangkunegaran I sebagai sosok raja pertama di Istana Mangkunegaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya