Industri eSports Indonesia Diyakini Mampu Bicara di Tingkat Global

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Nirwan Lesmana.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Industri eSports atau olahraga elektronik telah memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang pesat.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Pendapatan atau revenue industri ini pada 2020 mencapai US$1,8 miliar (Rp26 triliun), kemudian naik menjadi US$2,8 miliar (Rp40,2 triliun) di tahun lalu.

Terkait sumber daya manusia (SDM), studi yang dilakukan oleh Vero dan Decision Lab menyebut stakeholder industri eSports Indonesia mencapai 52 juta orang, baik sebagai pemain, pelatih, analis dan lain sebagainya.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Jumlah ini diprediksi semakin meningkat, mengingat kegiatan industri game maupun eSports sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Perkembangan industri game dan eSports lokal yang begitu pesat majunya membuat Telkomsel menggelar Dunia Games Con (DG Con) 2022.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Cosplay eSports Dunia Games.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Ini adalah festival yang menghadirkan sejumlah rangkaian kegiatan seru guna memberikan pengalaman terbaik. Mulai dari para pegiat hingga pelaku industri gaming dan eSports Tanah Air.

"DG Con 2022 gabungan dari kesuksesan dua kegiatan sebelumnya, yakni DG Fest dan DG Award, yang mana pada penghujung tahun lalu mencapai 1,7 juta penonton di metaverse, serta turnamen tahunan Dunia Games League dengan 10 juta penonton di tahun sebelumnya," kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Nirwan Lesmana di Jakarta, Minggu, 30 Oktober 2022.

Lebih lanjut, melalui Dunia Games, ia mengaku terus membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pegiat dan pelaku industri gaming dan eSports Indonesia agar semakin meningkatkan kapabilitas secara lebih profesional, sehingga mampu menjadi yang terdepan di kancah global.

Nirwan menambahkan jika Dunia Games Con 2022 digelar dengan konsep hybrid event, di mana pengunjung dapat menikmati keseruan rangkaian DG Con 2022 melalui platform DG Verse yang mengusung teknologi virtual world dengan 3D metaverse untuk menikmati berbagai keseruan di setiap zona virtual yang tersedia.

"DG Verse sudah dapat diakses oleh pengunjung sejak tanggal 21 Oktober lalu dengan mengunjungi situs resmi kami. Nah, ketika mengakses DG Verse, pengunjung dapat membuat avatar dalam format human and non-human character yang disesuaikan dengan kepribadian dan minat pengunjung," jelas dia.

Ilustrasi Dunia Games

Photo :
  • Telkomsel

Dalam platform DG Verse terdapat sejumlah ruang virtual yang menghadirkan berbagai keseruan dan hiburan digital, antara lain zona DG Exhibition yang menjadi wadah bagi pengunjung menikmati showcase layanan dari mitra penyedia layanan gaming serta ragam hiburan menarik dari booth virtual.

Kemudian, ada DG Mall sebagai zona virtual untuk pengunjung melakukan pembelian makanan dan minuman. Zona DG Plaza & Esports yang menawarkan berbagai produk dan layanan digital gaming unggulan dari Dunia Games Telkomsel serta informasi terkini dari berbagai tim eSports ternama.

Lalu, ada zona DG Awards, yang mana pengunjung berkesempatan untuk melakukan voting kandidat terbaik dari 20 kategori nominasi DG Awards 2022 melalui teknologi metaverse pada 21-25 Oktober kemarin.

"Kami berharap DG Con 2022 dapat terus menjadi wadah bagi seluruh penikmat, pegiat dan pelaku industri gaming dan eSports. Indonesia memiliki lebih banyak potensi talenta di industri ini. Baik sebagai gamer maupun developer hingga publisher yang berdaya saing tinggi," tegas Nirwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya