Jimat Palu Thor dari Zaman Viking Digunakan Para Penyembah Dewa

Jimat berbentuk palu Thor.
Jimat berbentuk palu Thor.
Sumber :
  • Kulturmiljo Halland

VIVA Tekno – Jimat berbentuk Palu Thor berusia 1.000 tahun yang ditemukan di Swedia menunjukkan popularitas abadi dari dewa Norse kuno. Palu Thor menjadi terkenal berkat film-film Marvel di mana sosok Thor diperankan oleh Chris Hemsworth.

Menurut Carolyne Larrington, seorang profesor sastra Eropa abad pertengahan di Universitas Oxford, Thor selalu menjadi sosok yang populer karena dia peduli dengan manusia.

"Dari semua dewa Norse, Thor adalah yang paling tertarik dengan nasib umat manusia. Pekerjaan utamanya adalah berpatroli di timur dan menjauhkan para raksasa (Jotnar) dari tanah manusia dan para dewa dengan palunya," ujar Larrington.

Para arkeolog menemukan jimat itu selama musim panas saat penggalian di dekat kota barat daya Ysby, menurut Kepala Arkeologi di Museum Sejarah Budaya, Per Wranning di Halland County.

Wilayah itu menghadap Denmark di seberang selat antara Laut Utara dan Baltik, yang selama berabad-abad disebut Kattegat atau lintasan kucing karena sangat dangkal.

Penyelidikan arkeologi dari situs tersebut, yang telah diperuntukkan untuk rumah-rumah baru, juga telah mengungkapkan beberapa lubang api, lubang tiang dan potongan tembikar serta logam yang mungkin berasal dari sebelum akhir Zaman Viking pada pertengahan abad ke-11.

Jimat berbentuk palu Thor

Jimat berbentuk palu Thor

Photo :
  • Kulturmiljo Halland
Halaman Selanjutnya
img_title