Mudah, Ini 8 Cara Mendapatkan Followers Instagram Aktif

Ilustrasi feed Instagram.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Digital – Cara mendapatkan followers Instagram aktif cukup mudah. Apalagi media sosial ini tumbuh dengan sangat pesat dalam beberapa tahun belakangan. Tercatat, sampai saat ini platform tersebut telah mempunyai lebih dari satu miliar pengguna. Hal ini karena Instagram adalah tempat yang tepat untuk segala macam pemakaian. 

7 Rahasia Google

Mulai dari pemakaian pribadi, bisnis, sampai organisasi. Semakin banyaknya akun di Instagram, semakin ketat juga persaingan untuk mendapatkan followers. Hanya membagikan foto, video, maupun story tidak cukup. Kamu harus memanfaatkan Instagram dengan pintar untuk mendapatkan followers yang banyak, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Optimalkan Akun Instagram

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Instagram

Photo :
  • Getty Images

Sebelum kamu mulai mencari tahu cara mendapatkan followers Instagram aktif, salah satu langkah terpenting adalah mengoptimalkan akun sepenuhnya. Pikirkan bio Instagram sebagai "beranda" di akun kamu. Terletak di bawah nama pengguna, bio kamu adalah nilai jual utama di profil Instagram kamu. 

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Sebagian besar pengikut potensial yang mengunjungi profil kamu akan memeriksa deskripsi bio terlebih dahulu. Jadi sebaiknya membuat 150 karakter ini diperhitungkan. Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menulis deskripsi yang jelas tentang apa yang dilakukan. Gunakan suara merek kamu untuk menambahkan sentuhan kepribadian yang unik. 

Selain itu, pertahankan nama pengguna seramah mungkin, yang biasanya berarti tetap dekat dengan nama kamu yang sebenarnya. Jika nama kamu lebih panjang, persingkat menjadi sesuatu yang mudah dikenali. Jangan menambahkan angka atau karakter khusus, dan jika memungkinkan, jaga agar tetap sejajar dengan nama di media sosial lain yang sudah dimiliki.

2. Buat Jadwal Unggah konten yang Konsisten

Instagram.

Photo :
  • Pexels

Hal terburuk yang dapat dilakukan ketika mencoba mendapatkan pengikut di Instagram adalah memposting konten secara acak dan serampangan. Jika kamu cukup beruntung untuk membuat pengguna mengikuti pada awalnya, kamu tidak ingin membuat mereka lupa bahwa mereka mengikuti kamu sejak awal.

Untuk mengatasi hal ini, pertahankan jadwal posting yang teratur. Biasanya, merek tidak boleh memposting lebih dari beberapa kali sehari untuk menghindari spam, tetapi apa pun irama kamu, tetap konsisten. Sekitar 200 juta pengguna Instagram masuk setiap hari, jadi untuk menyebarkan jaringan lebih luas lagi, coba publikasikan beberapa kali sepanjang hari.

3. Jadwalkan Postingan Instagram 

Ilustrasi kalender.

Photo :
  • U-Report

Meskipun algoritma Instagram telah berubah untuk menampilkan lebih banyak konten yang disukai pengguna, mengunggah pada waktu yang tepat masih dapat membuat postingan kamu lebih terlihat dengan meningkatkan keterlibatan keseluruhan yang mereka terima. Dengan menjadwalkan konten, seluruh followers dapat melihat apa yang diunggah.

Selalu cerdas untuk membuat konten terlebih dahulu dan dengan alat penjadwalan Instagram kami, kamu dapat menjangkau audiens dan mempertahankan aliran konten yang konsisten pada saat yang bersamaan.

4. Tulis Caption yang Menarik

Instagram.

Photo :
  • unsplash,com

Visual yang indah berfungsi untuk menarik perhatian audiens dan teks yang luar biasa berfungsi untuk mempertahankannya. Gunakan 2.200 karakter yang tersedia untuk memberikan lebih banyak konteks pada foto atau video yang kamu posting. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat caption yang menarik. 

Langkah pertama, gabungkan kata kunci untuk meningkatkan peluang muncul di hasil pencarian dalam aplikasi. Kemudian gunakan emoji dan humor ringan untuk menunjukkan kepribadian kamu. Lalu, dorong orang untuk berbagi pemikiran mereka. Susun teks yang lebih panjang dengan poin atau emoji untuk meningkatkan keterbacaan. 

Kemudian cobalah panjang karakter yang berbeda berdasarkan konten yang dibagikan. Misalnya, teks panjang dapat bekerja dengan baik untuk cerita deskriptif, sementara teks pendek dan tajam dapat bekerja lebih baik untuk menampilkan produk. Titik manis dari panjang teks yang menarik adalah dalam kisaran 500-1.000 dan 1.000-2.000 karakter.

5. Gunakan Hashtag 

Hastag.

Photo :
  • neboagency.com

Hashtag mirip dengan kata kunci dalam arti bahwa mereka membantu pengguna menemukan konten tentang topik tertentu. Mereka biasanya digunakan dalam keterangan atau komentar dari sebuah posting dan mereka dapat membantu konten kamu menjangkau audiens yang lebih besar, sehingga meningkatkan peluang mendapatkan pengikut baru.

Dengan tagar yang tepat, konten kamu akan lebih mudah ditemukan melalui pencarian atau pemfilteran saat pengguna mengetuk tagar dari pos lain. Pengguna juga dapat mengikuti tagar pada topik favorit mereka dan konten teratas dengan tagar tersebut akan muncul di umpan Instagram mereka.

Jadi, buat tagar yang relevan dan bertarget dengan pengikut yang lebih kecil, namun tetap cukup besar daripada hanya menggunakan semua tagar umum populer pada topik yang luas. Selain itu, merupakan ide bagus untuk mengelompokkan tagar masuk berdasarkan kategori sehingga bisa dengan mudah menambahkan beberapa tagar yang relevan ke setiap unggahan.

6. Berkolaborasi dengan Influencer 

Instagram.

Photo :
  • pixabay

Cara efektif untuk menjangkau audiens baru dan mendapatkan pengikut baru adalah dengan bergabung dengan influencer yang sudah memiliki pengikut penting. Tetapi influencer standar dengan status hampir selebritas dan ratusan ribu pengikut sering kali memiliki label harga selangit per unggahan promosi dan seringkali, tingkat keterlibatan yang rendah.

Jadi taruhan kamu yang lebih baik adalah berkolaborasi dengan influencer kecil yang memiliki pengikut sosial yang lebih kecil tetapi lebih kuat antara 1.000 hingga 100.000 pengikut dan dianggap sebagai pakar yang dapat dipercaya di ceruk pasar mereka. Beberapa contoh termasuk vlogger perjalanan, blogger makanan, penggemar kebugaran, dan lainnya.

Mereka dianggap lebih otentik dan memiliki hubungan yang lebih intim dengan pengikutnya. Mereka terhubung pada tingkat yang jauh lebih dalam dengan audiens mereka dan dengan demikian, memiliki tingkat keterlibatan yang jauh lebih baik. Plus, ksmu dapat dengan mudah mengetahui apakah basis pengikut dan keterlibatan mereka nyata atau palsu.

.7 Promosikan Instagram Kamu di Mana-mana

media promosi online

Photo :
  • U-Report

Jangan batasi usaha kamu untuk mempromosikan akun Instagram di mana saja. Jika kamu memiliki pengikut terhormat di platform sosial lain, daftar email, atau lalu lintas situs web yang stabil, cobalah untuk menyalurkan orang-orang itu ke profil Instagram kamu. Permudah orang untuk menemukan Instagram Anda, dengan menambahkan tautan akun kamu. 

8. Tandai Lokasi

Ilustrasi instagram.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Penandaan lokasi di Instagram adalah fitur berguna yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Instagram adalah platform untuk menemukan produk baru, tujuan wisata, merek ritel, kafe, dan lainnya. Kemudian banyak juga pengguna yang memberi tag lokasi pada postingan mereka.

Jika kamu menandai postingan dengan sebuah lokasi, postingan tersebut berpotensi muncul saat pengguna menelusuri lokasi atau kata kunci di bawah tab tempat. Ini tidak hanya memberi kamu lebih banyak eksposur lokal tetapi posting dengan lokasi yang ditandai menghasilkan keterlibatan 79% lebih tinggi daripada posting tanpa lokasi yang ditandai.

Direktur Retail Funding & Distribution PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Andrijanto, dalam telekonferensi di acara Paparan Kinerja Keuangan BRI Kuartal I-2024, Kamis, 25 April 2024

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menargetkan jumlah pengguna super apps BRImo bisa mencapai hingga 36 juta user hingga akhir tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024