eSIM Jadi Solusi Praktis dan Aman untuk Akses Internet di Luar Negeri

Ilustrasi Smartphone
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – Penggunaan eSIM atau embedded SIM menjadi salah satu solusi, bagi para pelancong untuk bisa selalu terhubung dengan internet di luar negeri.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Chief Executive Officer JavaMiFi, Andintya Maris mengatakan bahwa kehadiran eSIM menjadi sebuah tren baru, di mana para wisatawan sebelumnya harus membeli kartu SIM lokal di negara tujuan.

Kendala yang harus mereka hadapi mulai dari keterbatasan bahasa pelayanan konsumen, hingga terbatasnya kuota internet yang terkadang tidak disadari.

Kamu Bisa Berbagi Foto Tanpa Internet, Ada Fitur Punya iPhone

Andintya menyatakan, kini banyak orang yang pergi ke luar negeri berbondong-bondong menggunakan eSIM. Hal ini terbukti sejak diluncurkannya eSIM Traveling pada 14 September lalu, sudah ada ribuan pengguna iPhone memakai eSIM Traveling by JavaMiFi.

"eSIM Traveling by JavaMiFi adalah solusi baru untuk para traveller mengakses internet di luar negeri. Karena pemakaian teknologi eSIM ini sangat mudah, pengguna hanya tinggal scan QR Code, sudah bisa langsung connect," ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Minggu 6 November 2022.

Jejeran HP yang Sudah Mendukung Teknologi eSIM

Teknologi eSIM jadi pilihan banyak orang, karena dianggap lebih mudah dalam pengoperasian dan aman, apalagi di saat pengguna melakukan perjalanan ke luar negeri.

Peluncuran eSIM oleh JavaMiFi.

Photo :
  • Dok: JavaMiFi

Berbeda dengan kartu SIM fisik yang harus dibongkar-pasang, eSIM lebih aman karena tidak bisa dikeluarkan dari perangkat dengan mudah jika pengguna mengalami musibah kehilangan atau kecurian saat di luar negeri. Karena dengan eSIM, pengguna bisa melacak di mana lokasi ponsel mereka berada.

Ditambah lagi, Apple telah resmi menghilangkan slot kartu SIM fisik pada seri iPhone 14 di Amerika Serikat sehingga sepenuhnya akan menggunakan eSIM.

"Meskipun hanya di Amerika Serikat, tidak menutup kemungkinan bahwa di masa mendatang nanti penggunaan eSIM only akan diterapkan oleh semua brand smartphone di seluruh negara di dunia," katanya.

Meskipun saat ini belum semua jenis dan jenama ponsel pintar bisa menggunakan eSIM, Andintya berharap eSIM Traveling ini juga bisa digunakan untuk semua ponsel pintar di masa depan.

"Dan kehadiran eSIM Traveling yang menjadi solusi internet luar negeri yang modern dan praktis, tanpa antre, tanpa registrasi," ungkapnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya