Festival Belanja Hari Jomblo Melampaui Ekspektasi

- dw
VIVA Tekno – Festival belanja Singles Day atau Hari Jomblo di China telah mengalahkan ekspektasi tahun ini, dengan penjualan melebihi 1,1 triliun yuan (US$154 miliar) untuk pertama kalinya, menurut perusahaan konsultan Syntun.
Dianggap sebagai acara belanja terbesar di dunia, Hari Jomblo dirayakan di Tiongkok setiap tahun pada tanggal 11 November. Momen ini kadang juga disebut 'sales windows' saat barang dapat dibeli dengan harga diskon yakni pada akhir Oktober dan 11 November.
"Antara pukul 20:00 31 Oktober dan 23:59 11 November, total penjualan platform e-commerce utama, termasuk platform e-niaga tradisional dan platform e-commerce streaming langsung adalah 1,115 triliun yuan ($156,9 miliar)," kata Syntun.
Meskipun terjadi penurunan kepercayaan konsumen karena penguncian Covid-19 yang berulang, acara tahun ini mengalahkan 952 miliar yuan ($131 miliar) tahun lalu, menjadikannya yang terbesar dalam sejarah.
Ilustrasi belanja online
- Pixabay/ Preis_King
Raksasa e-commerce China Alibaba secara mengejutkan memilih untuk tidak mengungkapkan hasil penjualannya untuk Hari Jomblo tahun ini, hanya mengatakan bahwa angka tersebut sejalan dengan tahun lalu (540,3 miliar yuan).Â
Statistik Syntun menunjukkan bahwa selama seluruh acara penjualan tahun ini, pasar Tmall Alibaba memimpin di antara platform penjualan dengan pangsa penjualan 58,03 persen diikuti oleh JD.com dan Pingdo.