Telkomsel Pamer Teknologi 5G di KTT G20

Direktur Perencanaan dan Transformasi Telkomsel Wong Soon Nam.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA Digital – Operator telekomunikasi Telkomsel memamerkan teknologi 5G pada rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 pada 15-16 November 2022 di Nusa Dua, Bali.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Hal ini untuk menunjukkan komitmen Telkomsel agar terus berupaya membuka peluang lebih luas bagi Indonesia dalam menunjukkan kapabilitas ekosistem teknologi digital kepada dunia, yang dinilai mampu menghadirkan potensi transformasi ekosistem industri di berbagai sektor.

Direktur Perencanaan dan Transformasi Telkomsel Wong Soon Nam mendorong optimalisasi pemanfaatan teknologi digital untuk mengakselerasi kemajuan Indonesia di segala aspek.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

"Nah, transformasi pertama menghadirkan jaringan generasi kelima, yang kami pandang, begitu penting untuk dioptimalkan dalam menggambarkan bagaimana kesiapan kapabilitas digital yang dimiliki Indonesia dapat mengakselerasi kemajuan di berbagai sektor," ungkapnya, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 15 November 2022.

Lantas, apa saja teknologi 5G yang dipamerkan anak usaha Telkom Indonesia tersebut?

Harus 'Move On' dari Libur Lebaran, Saatnya Kembali Produktif

Teknologi 5G.

Photo :
  • Telkomsel/VIVA

Ada dua area yang menjadi kawasan strategis pada rangkaian KTT G20, yaitu Future SME Village Bali Collection dan Media Center BICC The Westin Resort dengan menunjukkan enam use-case.

Keenamnya adalah Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) Kawasan Konservasi Hutan Mangrove, Artificial Intelligence atau AI Robot, 5G in the Box, Cloud Gaming, dan 5G Holographic Communications.

Pertama, use-case VR yang akan memberikan pengalaman imersif kepada para pengunjung yang ingin memanfaatkan teknologi VR untuk kebutuhan bermain game, berwisata virtual menggunakan video 360 derajat, hingga VR edukasi mengenai anatomi manusia dan automotive engineering berupa mobil dan motor balap.

Teknologi 5G Telkomsel.

Photo :
  • Telkomsel/VIVA

Lalu, use case AR Kawasan Konservasi Hutan Mangrove yang akan memberikan pengalaman kepada peserta dalam mengikuti tour virtual di kawasan ini dari proses pembibitan hingga ke proses simulasi pertumbuhan tanaman mangrove sebagai bagian dari konservasi alam dan lingkungan.

Kemudian, use-case AI Robot yang dapat menyapa secara langsung saat berinteraksi dengan pengunjung dan memberikan hiburan seperti atraksi tarian yang menarik.

Teknologi 5G.

Photo :

Keempat, use-case 5G in the Box yang merupakan inovasi teknologi 5G portable yang hadir dengan bentuk ringkas sehingga mendukung proses deployment 5G lebih cepat dan mudah diimplementasikan, terutama untuk trial jaringan private 5G bagi pelanggan korporasi.

Berikutnya, use-case Cloud Gaming, di mana Telkomsel akan memberikan pengalaman menikmati keseruan bermain berbagai jenis gim daring terbaru menggunakan smartphone dan gamepad dengan dukungan konektivitas 5G yang andal dan lancar.

Terakhir, use-case 5G Holographic Communications yang dihadirkan pada KTT G20 memungkinkan komunikasi human-to-human secara real-time dan tiga dimensi menggunakan perangkat pintar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya