NASA Temukan Dua Galaksi Tertua dan Terjauh yang Pernah Dilihat Manusia

Potret galaksi yang didapat oleh James Webb Telescope.
Potret galaksi yang didapat oleh James Webb Telescope.
Sumber :
  • NASA

VIVA Digital – Teleskop luar angkasa James Webb milik NASA menemukan galaksi-galaksi paling awal yang terang, yang hingga kini tersembunyi dari pandangan, termasuk galaksi yang mungkin terbentuk hanya 350 setelah ledakan Big Bang.

Para astronom mengatakan, bahwa jika hasilnya diverifikasi, kumpulan bintang yang baru ditemukan ini akan mengalahkan galaksi terjauh yang diidentifikasi oleh teleskop luar angkasa Hubble, pemegang rekor yang terbentuk 400 juta tahun setelah alam semesta terbentuk, melansir The Guardian, Jumat, 18 November 2022.

Diluncurkan Desember lalu sebagai penerus Hubble, teleskop Webb menunjukkan bahwa bintang-bintang tersebut mungkin terbentuk lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya, mungkin dalam beberapa juta tahun setelah big bang.

Penemuan terbaru Webb dirinci dalam Astrophysical Journal Letters oleh tim internasional yang dipimpin oleh Rohan Naidu dari Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian. Artikel tersebut menguraikan dua galaksi yang sangat terang, yang pertama diperkirakan terbentuk 350 juta tahun setelah big bang dan yang lainnya 450 juta tahun setelahnya.

Galaksi yang diyakini Tertua dan Terjauh yang Pernah Dilihat Manusia

Galaksi yang diyakini Tertua dan Terjauh yang Pernah Dilihat Manusia

Photo :
  • NASA

Naidu mengatakan lebih banyak pengamatan akan dibutuhkan dalam inframerah oleh Webb sebelum mengklaim pemegang rekor baru.

Meskipun beberapa peneliti melaporkan telah menemukan galaksi yang lebih dekat dengan penciptaan alam semesta, yaitu 13,8 miliar tahun yang lalu, calon tersebut belum diverifikasi, kata para ilmuwan pada konferensi pers NASA. Beberapa dari mereka mungkin merupakan galaksi-galaksi selanjutnya yang meniru galaksi-galaksi sebelumnya, catat mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title