Menolak Punah, Populasi Kerang Purba Usia 40.000 Tahun Ditemukan Hidup

Kerang purba
Sumber :
  • Twitter @cadetbeeboop

VIVA Tekno  – ahli paleontologi George Willett pada tahun 1930-an mendeskrisikan kerang fosil berupa moluska kecil berukuran 10 milimeter yang ditemukan oleh kolektor cangkang amatir Edna Cook dalam kumpulan fosil yang berasal dari suatu daerah di Baldwin Hills, Los Angeles.

Terkontaminasi Alga Berbahaya, Malaysia Minta Warganya Setop Konsumsi Kerang

Sebuah kerang bercahaya kecil yang diyakini telah punah sekitar 40.000 tahun yang lalu tiba-tiba ditemukan hidup-hidup oleh seorang ahli ekologi laut di California.

Kerang dengan panjang kira-kira 11 milimeter itu dinamai Cymatioa cooki, yang sebelumnya diidentifikasi dari ilustrasi fosilnya. 

Bukan Kecoa, Ini Hewan yang Paling Tangguh di Bumi

Namun, mata Jeff Goddard yang penuh perhatian menjelajahi kolam pasang surut di pantai tidak jauh dari Santa Barbara pada musim gugur 2018, melihat sesuatu yang aneh dan sebelumnya tidak pernah terlihat. 

Ini adalah dua kerang putih bening yang cangkangnya berukuran tidak lebih dari 10 milimeter, menurut situs Sputnik News, dikutip Sabtu 19 November 2022.

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Setelah hewan laut itu menyodorkan kaki bergaris putih yang melebihi panjang cangkang, peneliti di University of California, Santa Barbara curiga bahwa dia telah melihat sesuatu seperti itu di suatu tempat.

Goddard mengirim foto kerang ke rekannya, Paul Valentich-Scott, kurator malakologi di Museum Sejarah Alam Santa Barbara. Pakar itu tampak tidak kalah bingungnya ketika dia mencoba mencari tahu hewan apa itu. 

Setelah serentetan upaya yang gagal menemukan kerang, pada tahun 2019 kedua ilmuwan mengambil prajurit hidup dari kerang yang sulit ditangkap itu. 

Begitu mereka membandingkannya dengan catatan fosil, ilmuwan sadar bahwa itu tampaknya berasal dari bivalvia yang dicatat pada tahun 1930-an oleh George Willett.

Spesies yang dinamai oleh ahli paleontologi setelah kolektor kerang amatir Edna Cook menemukan kerang mini dalam kumpulan kerang berkekuatan 30.000 dan menduga mereka istimewa.

"Begitu saya secara fisik melihat spesimen asli yang digunakan Willett untuk deskripsinya, saya langsung tahu bahwa kerang hidup itu adalah spesies yang sama," kata Valentich-Scott. 

Saat mereka bertanya-tanya bagaimana kerang purba mencapai daerah tertentu ini, para ilmuwan berspekulasi bahwa arus air hangat mungkin membawa mereka dari habitat khas kerang lebih jauh ke selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya