Bukan Metaverse, Mark Zuckerberg Jadikan WhatsApp Ladang Cuan

Kepala Eksekutif Meta Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • NPR

VIVA Tekno – Kepala Eksekutif Meta Platforms Inc,  Mark Zuckerberg mengatakan kepada karyawan pada hari Kamis bahwa WhatsApp dan Messenger akan mendorong gelombang pertumbuhan penjualan perusahaan berikutnya.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Mengutip dari laman The Star, Sabtu, 19 November 2022, dia sedang berusaha meredakan kekhawatiran tentang keuangan Meta setelah PHK massal pertamanya.

Zuckerberg menjawab pertanyaan tajam pada sebuah pertemuan, seminggu setelah Meta mengatakan akan memberhentikan 11.000 pekerja, menggambarkan dua aplikasi perpesanan ini dalam tahap awal dalam menghasilkan uang dibandingkan dengan Facebook dan Instagram. 

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

"Kami berbicara banyak tentang peluang jangka panjang seperti metaverse, tetapi kenyataannya adalah pengiriman pesan bisnis mungkin akan menjadi pilar utama berikutnya dari bisnis kami untuk lebih memonetisasi WhatsApp dan Messenger," katanya.

Meta memungkinkan beberapa konsumen untuk berbicara dan bertransaksi dengan pedagang melalui aplikasi obrolan, termasuk fitur baru yang diumumkan Kamis kemarin di Brasil.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Komentar Zuckerberg di sana mencerminkan pergeseran nada dan penekanan setelah sebelumnya sangat berfokus pada investasi perangkat keras dan perangkat lunak realitas sejak mengumumkan ambisi jangka panjang untuk membangun metaverse yang imersif di tahun lalu.

Avatar Mark Zuckerberg.

Photo :
  • Mark Zuckerberg

Investor mempertanyakan kebijaksanaan keputusan itu karena bisnis periklanan inti Meta telah berjuang tahun ini, lebih dari separuh harga sahamnya.

Dalam sambutannya kepada karyawan, Zuckerberg meremehkan berapa banyak pengeluaran perusahaan di Reality Labs, unit yang bertanggung jawab atas investasi metaverse.

Karyawan adalah pengeluaran terbesar Meta, diikuti oleh pengeluaran modal, yang sebagian besar digunakan untuk infrastruktur guna mendukung rangkaian aplikasi media sosialnya. Sekitar 20 persen anggaran Meta digunakan untuk Reality Labs.

Di dalam Reality Labs, unit tersebut menghabiskan lebih dari setengah anggarannya untuk augmented reality (AR), dengan produk kacamata pintar yang akan terus bermunculan selama beberapa tahun ke depan dan beberapa kacamata AR yang diklaim benar-benar hebat di akhir dekade ini. 

"Ini dalam beberapa hal adalah pekerjaan yang paling menantang tetapi saya juga berpikir ini adalah bagian potensial yang paling berharga di pekerjaan dari waktu ke waktu," katanya.

Sekitar 40 persen dari anggaran Reality Labs digunakan untuk virtual reality (VR) sementara sekitar 10 persen dihabiskan untuk platform sosial futuristik seperti dunia virtual yang disebut Horizon.

29ILUueM-Ak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya