Ilmuwan Ungkap Berat Bumi

Bumi dan Matahari yang dilihat dari luar angkasa.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Para ilmuwan baru-baru ini menambahkan jenis terbaru dari pengukuran SI. Ronna dan quetta menjadi satuan terbesar dalam sistem. Pengumuman ini membuat Bumi punya identitaa baru di mana berat Bumi adalah sekitar enam ronnagram.

5 Ramalan Populer Jayabaya yang Diyakini Telah Terjadi Di Indonesia

Pengukuran diumumkan pada Konferensi Umum ke-27 tentang Berat dan Ukuran di Istana Versailles di Prancis. Gelaran dilaksanakan setiap empat tahun dan untuk menentukan tambahan baru pada Sistem Satuan Internasional (SI).

Sama seperti satu kilogram mewakili 1.000 gram, satu ronnagram mewakili satu gram diikuti oleh 27 nol dan satu quettagram diikuti oleh 30 nol. Awalan dapat diterapkan ke salah satu satuan dasar dalam sistem SI. 

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Misalnya, ronnameter sama dengan satu meter pangkat 27, dan quettavolt adalah satu volt listrik pangkat 30, mengutip dari laman Russian Today, Senin, 21 November 2022.

Awalan baru ini diusulkan oleh Richard Brown dari Laboratorium Fisik Nasional Inggris, dan didorong oleh kebutuhan industri teknologi yang sudah menggunakan awalan tertinggi sebelumnya dalam penyimpanan data yakni yottabytes dan zettabytes.

Kiamat Terjadi 2 Tahun Lagi

Bumi dilihat dari Bulan.

Photo :
  • New Scientist

"Dalam hal mengungkapkan data yottabytes, yang merupakan prefiks tertinggi saat ini, kami sudah sangat dekat dengan batasnya," kata Brown.

Dia menambahkan bahwa penambahan baru harus mewakili sistem di masa depan untuk 20 hingga 25 tahun ke depan. Sistem SI akan menghadapi tantangan baru pada saat itu, karena dengan diambilnya 'R' dan 'Q', tidak ada lagi huruf dalam alfabet yang belum digunakan untuk unit lain.

Unit-unit baru akan memudahkan siapa saja yang ingin mendeskripsikan objek yang sangat besar. 

"Jika kita berpikir tentang massa, bukan jarak, berat Bumi kira-kira enam ronnagram. Jupiter itu sekitar dua quettagram," ujarnya. 

Konferensi tersebut juga memilih dua prefiks baru untuk menggambarkan hal-hal terkecil di alam semesta. 'Ronto' mendeskripsikan satu satuan pangkat negatif 27, sedangkan 'quecto' mendeskripsikan satu satuan pangkat negatif 30. Ini berarti satu quectogram sama dengan 0,000000000 00000000000000000000001 gram.

"Pengukuran kecil seperti itu akan berguna untuk ilmu kuantum, fisika partikel saat Anda mengukur benda yang sangat, sangat kecil," jelas Brown.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya