Gletser Mencair, Ratusan Ribu Ton Bakteri Bebas

Gletser Jakobshavn Greenland.
Gletser Jakobshavn Greenland.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Ratusan ribu ton bakteri dilepaskan oleh gletser yang mencair, menurut sebuah penelitian. Mikroba yang hanyut di hilir dapat menyuburkan ekosistem, kata para peneliti, tetapi perlu dipelajari lebih lanjut untuk mengidentifikasi potensi patogen.

Sebuah tim peneliti yang berafiliasi dengan berbagai institusi di seluruh Eropa, Inggris, dan Kanada telah menemukan ratusan ribu ton bakteri dilepaskan setiap tahun ke lingkungan karena gletser yang mencair di garis lintang utara.

Makalah yang diterbitkan dalam jurnal Communications Earth & Environment menjelaskan bahwa kelompok tersebut mengambil sampel limpasan glasial dari berbagai lokasi di Eropa, Amerika Utara, dan Greenland.

Saat perubahan iklim berlangsung, laporan kiamat dari seluruh dunia telah berkembang biak. Salah satu klaim yang mengkhawatirkan adalah bahwa virus atau jenis bakteri akan muncul dari es purba, yang bisa saja membunuh sebagian besar umat manusia. 

Dalam upaya baru ini, para peneliti telah bergabung untuk mengambil sampel limpasan lelehan dari gletser untuk mempelajari lebih lanjut tentang ekosistem mikroba, untuk menemukan apakah ada ancaman dan apa jenisnya.

Gletser Aletsch

Gletser Aletsch

Photo :
  • pixabay

Pekerjaan tersebut melibatkan pengumpulan sampel limpasan gletser dari delapan gletser di Amerika Utara dan Eropa, dan dua dari tudung es Greenland. 

Halaman Selanjutnya
img_title