Gempa Bumi Guncang Jakarta dan Sejumlah Wilayah, Situs BMKG Langsung Error

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
Sumber :
  • BMKG

VIVA Tekno – Gempa Bumi kembali menggetarkan sejumlah wilayah di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan lewat akun Twitternya, gempa dengan kekuatan mencapai magnitudo 5.6 terjadi pada 21 November 2022 pada pukul 13.21.10 WIB. 

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Adapun koordinat titik gempa itu berada pada 6.84 Lintang Selatan (LS) dan 107.05 Bujur Timur (BT). Sementara itu, pusat gempa dilaporkan BMKG terjadi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat dengan kedalaman mencapai 10 kilometer. 

"#Gempa Mag:5.6, 21-Nov-22 13:21:10 WIB, Lok:6.84 LS,107.05 BT (10 km BaratDaya KAB-CIANJUR-JABAR), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG," tulis BMKG akun Twitter-nya, Senin, 21 November 2022. 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Gempa dengan kekuatan 5.6 magnitudo itu dirasakan hingga DKI Jakarta. Tercatat banyak warganet yang membuat unggahan mengenai gempa di berbagai media sosial. Banyak dari mereka yang merasakan kekuatan gempa tersebut begitu besar. 

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Sementara ketika melihat langsung situs resmi BMKG pada saat kejadian, terlihat situs tersebut tidak dapat dijangkau alias down. Entah apa sebabnya, tapi dugaan sementara karena banyak masyarakat yang mengakses situs tersebut. 

Hal yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa

Jika kamu berada dalam ruangan: lindungilah badan dan kepala kamu dari reruntuhan bangunan dengan cara bersembunyi di bawah meja. Kemudian cari tempat paling aman yang jauh dari reruntuhan atau guncangan. Lalu, lari ke luar jika masih bisa dilakukan.

Bila berada di luar ruangan atau area terbuka: Hindari bangunan yang terdapat di sekitar kamu, seperti gedung, tiang listrik, atau pohon. Perhatikan tempat kamu berpijak, hindari jika terjadi rekahan tanah.

Kemudian bila kamu sedang mengendarai mobil: disarankan keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari bila terjadi pergeseran atau kebakaran.

Bila kamu tinggal atau berada di pantai: jauhi bibir pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

Bila kamu tinggal di daerah pegunungan: jika terjadi gempa bumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya