XL Axiata Gratiskan SMS dan Telepon untuk Pengguna di Wilayah Gempa Bumi Cianjur

XL Axiata sediakan layanan telepon dan SMS gratis untuk korban gempa Bumi Cianjur, Jawa Barat.
Sumber :
  • XL Axiata

VIVA Digital – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyediakan layanan bebas biaya telepon dan SMS di lokasi gempa Bumi Cianjur, Jawa Barat. Lebih lanjut dijelaskan bahwa pelanggan XL, AXIS, dan XL Prioritas bisa menelepon dan kirim SMS ke sesama nomor pengguna.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Pelanggan bisa mendapatkan 10 menit nelpon dan 10 SMS gratis. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama empat hari dengan mengakses *505#. Program ini hanya berlaku untuk 21-24 November 2022.

Penjabat (Pj) Group Head Central Region XL Axiata Arif Farhan Budiyanto mengaku juga telah menyediakan posko telepon gratis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang terdampak gempa Bumi Cianjur. 

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

Salah satu posko berada di RSUD Sayang, yang berlokasi di Jl. Rumah Sakit No 1, Kelurahan Bojongherang, Cianjur, Jawa Barat. Hingga saat ini ada ratusan korban gempa yang telah dirawat di rumah sakit tersebut.

"Kami berharap, masyarakat dan pelanggan yang di area-area tersebut bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Tentu layanan gratis ini juga bisa dimanfaatkan oleh aparat membantu pemulihan di kedua daerah," kata dia, melalui keterangan resminya, Selasa, 22 November 2022.

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Operator telekomunikasi itu juga sedang menyiapkan pengiriman bantuan darurat. Tim XL Axiata di lapangan juga terus melakukan pemantauan, baik untuk memastikan kondisi infrastruktur dan layanan, termasuk juga informasi penyaluran donasi.

Per Selasa pagi tadi, jaringan telekomunikasi dan data XL Axiata sudah berangsur normal pascagempa Bumi 5,6 SR yang mengguncang Cianjur dan sekitarnya. Sebelumnya, beberapa titik layanan mengalami gangguan karena padamnya aliran listrik.

Tim teknis XL Axiata di lokasi terdampak bencana di Cianjur, Jawa Barat

Photo :
  • XL Axiata

"Sebagai bagian dari masyarakat di Cianjur dan Jawa Barat, XL Axiata turut berduka sedalam-dalamnya atas musibah gempa Bumi yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa, dan mengakibatkan sejumlah kerusakan," katanya.

Kini, masyarakat dapat memanfaatkan jaringan untuk berkomunikasi dan bermacam aktivitas digital lainnya, termasuk untuk mengakses informasi dan berkoordinasi dengan aparat terkait.

Pemulihan jaringan prioritas tim XL Axiata di lapangan agar bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat l, juga untuk mendukung proses tanggap darurat dan penanganan korban oleh aparat terkait. 

Tim teknis di lapangan akan terus bersiaga untuk mengantisipasi jika terjadi gempa Bumi susulan. XL Axiata memiliki lebih dari 560 BTS yang tersebar di wilayah Cianjur Jawa Barat, yaitu 280 BTS 4G dan lebih dari 270 BTS 2G.

Sementara itu di wilayah Sukabumi terdapat lebih dari 1.200 BTS, dengan hampir 800 BTS di antaranya merupakan BTS 4G. Di seluruh Provinsi Jawa Barat, XL Axiata memiliki total lebih dari 27 ribu BTS, dengan lebih dari 17 ribu BTS 4G.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya