Google Mau Pecat 10.000 Karyawan

Google.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Perusahaan induk Google, Alphabet dilaporkan bersiap untuk memberhentikan sekitar 10.000 karyawannya yang 'berkinerja buruk', menurut sebuah laporan.

Mobil Ini Bikin Ratusan Karyawan Apple Dipecat

Sistem manajemen kinerja baru perusahaan dapat membantu manajer memecat ribuan karyawannya yang berkinerja buruk mulai awal tahun depan, menurut laporan The Information.

Di bawah sistem baru, para manajer dilaporkan telah diminta untuk mengkategorikan enam persen tenaga kerja Alphabet –setara dengan sekitar 10.000 karyawan– sebagai karyawan yang berkinerja buruk.

Kelas Menengah Tiongkok Dalam Kecemasan

Sistem ini juga dapat mengurangi jumlah insentif dan stock award yang diberikan kepada karyawan, sebagaimana dikutip dari situs The Independent, Rabu, 23 November 2022.

Perusahaan menghadapi beberapa tantangan tahun ini, mulai dari dampak pandemi hingga inflasi yang merajalela.

Syarat dan Ketentuan Dapat Uang dari YouTube Shorts, Enggak Gampang

Alphabet menunjukkan penurunan laba 27 persen pada kuartal ketiga dibandingkan tahun lalu, dengan penghasilan dan pendapatan yang lebih lemah dari perkiraan.

Google Doodle Mangkuk Ayam Jago.

Photo :
  • Google

"Jelas kami menghadapi lingkungan makro yang menantang dengan lebih banyak ketidakpastian di masa depan,” kata Kepala Google Sundar Pichai pada bulan Juli.

Dia telah mendesak karyawan selama bulan-bulan sebelumnya untuk meningkatkan produktivitas.

“Dengar, saya harap kalian semua membaca berita secara eksternal. Fakta yang Anda tahu, kita menjadi sedikit lebih bertanggung jawab melalui salah satu kondisi ekonomi makro terberat yang sedang berlangsung dalam dekade terakhir, saya pikir penting bahwa sebagai sebuah perusahaan, kita bekerja sama untuk melewati saat-saat seperti ini,” katanya dalam pertemuan dengan karyawan.

Awal tahun ini, dia memperkenalkan upaya yang disebut Simplicity Sprint sebagai tanggapan atas kekhawatiran bahwa produktivitas perusahaan secara keseluruhan tidak sesuai dengan kebutuhan untuk jumlah karyawan yang dimiliki.

Pada bulan Juli, dia meminta karyawan dalam memo internal untuk lebih berwirausaha dan menunjukkan urgensi yang lebih besar, fokus yang lebih tajam, dan lebih 'lapar' daripada hari-hari biasanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya