Ilmuwan: Aturan Manusia Butuh 8 Gelas Air Putih Sehari Tidak Benar

Minum air putih.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Digital – Keyakinan yang dipegang secara luas bahwa manusia perlu minum delapan gelas 8 air sehari – juga dikenal sebagai aturan 8 x 8 – sama sekali tidak benar, kata sebuah studi baru.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Sebaliknya, kebutuhan air berbeda-beda pada setiap individu.

Melansir New York Post, sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal Science menemukan bahwa jumlah air yang dibutuhkan orang untuk dikonsumsi sangat bervariasi

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Ilustrasi air putih.

Photo :
  • Pixabay

"Ilmu pengetahuan tidak pernah mendukung delapan gelas sebagai pedoman yang tepat, jika hanya karena membingungkan pergantian total air dengan air dari minuman dan banyak air Anda berasal dari makanan yang Anda makan," kata rekan penulis studi Dale Schoeller, seorang professor ilmu nutrisi di University of Wisconsin–Madison yang mempelajari air dan metabolisme selama beberapa dekade.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Studi tersebut, kata dia, merupakan penelitian paling akurat dan komprehensif tentang hidrasi dan tubuh manusia hingga saat ini. Lebih dari 90 peneliti berkontribusi pada laporan tersebut, yang mengukur perputaran air harian lebih dari 5.600 orang dari 26 negara, mulai dari usia delapan hari hingga 96 tahun.

"Pekerjaan ini adalah yang terbaik yang kami lakukan sejauh ini untuk mengukur berapa banyak air yang sebenarnya dikonsumsi orang setiap hari, pergantian air masuk dan keluar dari tubuh, dan faktor utama yang mendorong pergantian air," kata Schoeller.

Penelitian menemukan bahwa konsumsi air sangat bervariasi di seluruh dunia, dengan rata-rata harian berkisar antara empat hingga 25 gelas sehari.

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Menurut penelitian, kebutuhan air tertinggi untuk pria di usia 20-an, sementara wanita tetap sama dari usia 20 hingga 55 tahun, tetapi hanya bervariasi sekitar dua gelas untuk setiap jenis kelamin, dengan pria membutuhkan lebih banyak.

Tingkat aktivitas fisik dan status atletik berkontribusi pada perbedaan terbesar dalam pergantian air, diikuti oleh jenis kelamin, Indeks Pembangunan Manusia, dan usia.

Semakin rendah Indeks Pembangunan Manusia suatu negara, semakin banyak air yang dilalui seseorang dalam sehari, dengan pemburu-pengumpul dan petani di negara berkembang memiliki perputaran air yang lebih tinggi daripada negara industri.

Menggandakan energi yang dikeluarkan seseorang setiap hari akan meningkatkan pergantian yang diharapkan sekitar empat gelas. Sekitar 110 pon atau 49 kg berat badan lebih berat badan menambah sekitar tiga cangkir yang dibutuhkan sehari dan peningkatan 50% kelembaban di lingkungan seseorang mendorong penggunaan hampir satu cangkir.

Pada akhirnya, penelitian tersebut tidak memberikan saran jumlah gelas yang harus dikonsumsi rata-rata manusia per hari.

Minum air putih.

Photo :
  • Times of India

“Variasi berarti menunjuk ke satu rata-rata tidak banyak memberi tahu Anda. Basis data yang kami kumpulkan menunjukkan kepada kami hal-hal besar yang berkorelasi dengan perbedaan konsumsi air," kata Schoeller.

Schoeller telah mempelajari air dan metabolisme selama beberapa dekade; labnya memelopori metode "air berlabel" yang digunakan oleh penelitian untuk menganalisis hidrasi manusia dan kebutuhan air.

Subyek meminum sejumlah air yang mengandung isotop hidrogen dan oksigen yang dapat dilacak, yaitu atom kimia yang dapat dibedakan.

Dia menjelaskan: “Jika Anda mengukur tingkat seseorang menghilangkan isotop stabil tersebut melalui urin mereka selama seminggu, isotop hidrogen dapat memberi tahu Anda berapa banyak air yang mereka gantikan dan penghilangan isotop oksigen dapat memberi tahu kita bagaimana banyak kalori yang mereka bakar.

Ayo minum minimal 8 gelas air putih per hari - Photo by manu schwendener on Unsplash

Photo :
  • vstory

Bayi baru lahir menyerahkan proporsi air terbesar, menggantikan sekitar 28% air dalam tubuh mereka setiap hari.

Para ahli berharap penelitian ini akan meningkatkan kemampuan untuk memprediksi kebutuhan air masa depan yang lebih spesifik dan akurat seiring dengan perjuangan dunia untuk mengelola meningkatnya ancaman perubahan iklim.

Penulis utama, Dr. Yosuke Yamada, kepala bagian Institut Nasional Inovasi Biomedis, Kesehatan dan Gizi di Jepang, mengatakan: “Menentukan berapa banyak air yang dikonsumsi manusia semakin penting karena pertumbuhan populasi dan perubahan iklim yang meningkat," jelasnya. 

“Karena pergantian air berhubungan dengan indikator kesehatan penting lainnya, seperti aktivitas fisik dan persen lemak tubuh, ini berpotensi sebagai biomarker untuk kesehatan metabolisme.” lanjutnya. 

Tahun lalu PBB memperingatkan krisis air global dengan banyak kota di AS sudah berjuang untuk memasok air minum bersih untuk warganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya