Smartfren Melihat Potensi Cuan Besar di UMKM

Smartfren Business memberdayakan UMKM dengan digitalisasi.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Smartfren Business menghadirkan solusi teknologi terbaru yang bisa diterapkan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), melanjutkan fokus utama pada Presidensi G20 Indonesia, yakni transformasi digital di sektor ekonomi.

Ini Dia Bagaimana Pencetakan 3D Bisa Membantu Banyak Bisnis Indonesia

"Kami melihat potensi UMKM cukup besar dan Smartfren menghadirkan end-to-end solution yang dapat memudahkan proses bisnis melalui teknologi terkini," kata Kepala Eksekutif Smartfren Business Alim Gunadi di Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Ia percaya bahwa digitalisasi menjadi kunci utama untuk membuka potensi terbaik dari bisnis yang dijalankan. Perusahaan juga mengajak semua untuk dapat memanfaatkan teknologi digital.

Krisis Ekonomi, Pemerintah China Lakukan Penghematan Ketat

Solusi yang ditawarkan berupa aplikasi Point of Sales (PoS) dan aplikasi Human Resource Information System (HRIS) yang berbasis cloud computing.

Alim berharap Smartfren Business dapat berkontribusi sebagai katalisator yang mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia, terutama dalam sektor UMKM.

Hadapi Tantangan Melalui Inovasi

Teknologi yang digunakan berupa cloud computing berbasis SaaS (software as a service). PoS sendiri adalah aplikasi kasir untuk memudahkan para pelaku UMKM dalam menjalankan operasional bisnis seperti transaksi, stok, laba rugi, dan data pelanggan secara digital.

Smartfren Business berdayakan UKM dengan digitalisasi

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

HRIS digunakan untuk mendukung kemajuan UMKM yang meliputi sistem digital untuk proses accounting, medical, dan lain-lain.

Pada 2020, Smartfren Business telah merealisasikan konsep Smart Village di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menyediakan perangkat telekonferensi dan menghubungkan 29 desa secara digital, menyusul 45 desa lainnya.

Smartfren Business diketahui telah memberikan solusi berupa Fiber in The Air bagi PT. Megatama Mandiri (Honda Megatama) untuk menunjang kegiatan operasional yang berbasis website dan cloud service. 

Mereka berhasil menyediakan koneksi Fiber in The Air 1:1 berskala internasional dengan bandwith yang mempunyai kapasitas hingga 100 Mbps.

Selain konektivitas, Smartfren Business juga mementingkan efisiensi dalam memberikan solusi, yang diterapkan pada PT Eka Mas Republik (My Republic) untuk memecahkan masalah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya