Kominfo akan Kumpulin CV Karyawan Startup yang Kena PHK, Mau Ngapain?

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan (tengah).
Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan (tengah).
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Digital – Dalam Forum Ekonomi Digital Kominfo (FEDK) ke-5 dengan tema 'Musim Dingin Startup Digital: Dampak dan Tantangan Terhadap Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia' terdapat pembahasan mengenai banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di sejumlah startup.

"Setiap kali terjadi tantangan, yang dibicarakan adalah efisiensi. Efisiensi tidak sama dengan layoff. Tolong perhatikan karena tren layoff bisa meningkat," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate di Jakarta, Kamis, 1 Desember 2022.

Oleh sebab itu diusulkan untuk melakukan pengoptimalan yang melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap sumber daya manusia (SDM) yang bagus.

Talent Pooling bisa dianggap menjadi jalan keluar karena adanya normalisasi di ekonomi digital kita. Kedua dengan melibatkan daerah karena di sana memiliki kebutuhan yang tinggi untuk melakukan digitalisasi.

"Kita harus mendata dulu, ini baru pertemuan. Menarik sekali tadi usulan peserta rapat dari BUMN, memang kita lihat di antara startup ini ada hijack (pembajakan), itu biasa," ujar Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

Cara ini kemungkinan bisa mencari ekuilibrium (keseimbangan) baru karena sudah tersedianya para talenta dan diharapkan bisa menyerap SDM yang tersedia.

Forum Ekonomi Digital Kementerian Kominfo

Forum Ekonomi Digital Kementerian Kominfo

Photo :
  • Misrohatun Hasanah
Halaman Selanjutnya
img_title