Ahli Teori Konspirasi Penembakan Anak Sekolah Mengaku Bangkrut

Ahli teori konspirasi, Alex Jones.
Ahli teori konspirasi, Alex Jones.
Sumber :
  • Instagram/@real_alexjones

VIVA Tekno – Ahli teori konspirasi sayap kanan Alex Jones mengajukan kebangkrutan setelah terlibat kasus pencemaran nama baik. Menurut pengajuan pengadilan, dia menghadapi hampir US$1,5 miliar dalam putusan pengadilan atas teori konspirasi yang ia sebarkan tentang pembantaian sekolah Sandy Hook 2012.

Jones diperintahkan oleh pengadilan Connecticut pada bulan lalu, untuk membayar US$473 juta sebagai ganti rugi atas vonis dan hampir US$1 miliar yang dijatuhkan pada bulan Oktober atas kebohongannya yang memfitnah bahwa penembakan itu dipalsukan.

Pengajuan mengatakan Jones memiliki antara US$1-10 juta aset dan antara US$1-10 miliar kewajiban. Ini juga mengacu pada Free Speech Systems, afiliasi Jones dan induk Infowars yang telah mengajukan kebangkrutan pada bulan Juli.

Pada bulan Oktober, hakim Connecticut dalam kasus yang dibawa oleh lebih dari selusin korban Sandy Hook memerintahkan Jones dan Free Speech Systems untuk membayar ganti rugi hampir US$1 miliar, menurut laman The Guardian, dikutip Sabtu 3 Desember 2022.

Ahli teori konspirasi, Alex Jones

Ahli teori konspirasi, Alex Jones

Photo :
  • Instagram/@real_alexjones

Dalam kasus terpisah di Texas, hakim pada bulan Agustus memutuskan Jones harus membayar orang tua dari seorang anak laki-laki berusia enam tahun yang terbunuh dalam pembantaian Sandy Hook US$45,2 juta sebagai ganti rugi. 

Selama bertahun-tahun Jones mengklaim bahwa pembunuhan 20 siswa dan enam anggota staf pada tahun 2012 di sekolah dasar Sandy Hook di Newtown, Connecticut, hanya bagian dari rencana pemerintah untuk menyita senjata Amerika.

Halaman Selanjutnya
img_title