Angkatan Udara AS Umumkan Kehadiran Pesawat Pembom Siluman

B-21 Reader
B-21 Reader
Sumber :
  • Northrop Grumman)

VIVA Tekno – Angkatan Udara Amerika Serikat akan mengungkap pembom siluman B-21 Raider. Ini adalah pesawat pembom baru pertama Angkatan Udara dalam lebih dari 30 tahun dan disebut sebagai pesawat militer tercanggih yang pernah dibuat oleh pabrikan Northrop Grumman.

Sementara jet siluman akan terungkap pada acara khusus yang dikontrol ketat, pesawat tersebut diperkirakan tidak akan melakukan penerbangan pertamanya hingga tahun 2023, menurut pernyataan juru bicara Angkatan Udara.

B-21 Raider akan diresmikan pada sebuah upacara di fasilitas Northrop Grumman di Palmdale, California, menurut situs Space, Minggu 4 Desember 2022.

B-21 Raider digambarkan oleh Northrop Grumman sebagai pesawat generasi keenam pertama di dunia, istilah yang menggambarkan tingkat kecanggihan teknologi yang relatif terhadap kerajinan lainnya. 

Kendaraan ini masih disempurnakan. B-21 tetap berdiri di atas pesawat produksi lainnya dalam hal kemampuan digital dan kemampuannya untuk beroperasi baik dalam operasi berawak atau tanpa awak. Pembom akan mampu mengerahkan senjata nuklir dan konvensional.

Masih banyak yang tidak diketahui tentang kemampuan B-21, tapi kemungkinan masih tetap menjadi misteri, bahkan selama beberapa tahun mendatang setelah jet tersebut melakukan penerbangan pertamanya.

B-21 Reader

B-21 Reader

Photo :
  • USAF

Meskipun demikian, ada beberapa detail yang dirilis ke publik sebelum pembukaannya. Menurut lembar fakta Northrop Grumman yang dirilis pada 29 November, B-21 akan menampilkan kemampuan jaringan canggih.

Halaman Selanjutnya
img_title