Ini Hewan Darat yang Paling Lama Hidup di Dunia, Umurnya 190 Tahun

Jonathan, hewan darat yang paling lama hidup di dunia.
Sumber :
  • nypost.com

VIVA Digital – Jonathan si kura-kura baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-190 tahun saat ia memperpanjang perjalanannya sebagai hewan darat yang paling lama hidup di dunia.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Melansir New York Post, Jonathan pertama kali tiba di rumahnya saat ini, yaitu di pulau Saint Helena di Atlantik Selatan pada tahun 1882 sebagai hadiah kepada gubernur pulau tersebut, yang merupakan wilayah Inggris.

Saat itu, usianya diperkirakan sudah 50 tahun. Sekarang ia berusia 190 tahun di Bumi, dengan panjang Jonathan masih sebesar 48 inci, ukuran yang sama seperti ketika dia tiba di pulau itu.

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel

Spesies kura-kura seperti Jonathan mencapai kematangan penuh pada usia 50 tahun, memberikan perkiraan terbaik untuk usianya, meskipun beberapa naturalis percaya dia bisa lebih tua lagi.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Jonathan, hewan darat yang paling lama hidup di dunia.

Photo :
  • nypost.com

Meskipun umurnya panjang, ia "baru" mendapat perhatian internasional pada tahun 2008 ketika The Independent melaporkan usianya yang luar biasa yaitu 176 tahun.

Penduduk setempat berspekulasi mengapa Jonathan hidup begitu lama, melebihi harapan hidup dari rasnya, kura-kura Raksasa Seychelles, yang berusia 150 tahun.

Jonathan berusia lima tahun ketika Ratu Victoria, monarki terlama kedua di Inggris, naik takhta, dan dia hidup lebih lama dari kedua Perang Dunia. Dia lebih tua dari foto pertama di dunia dan telah menjalani pemerintahan 39 presiden AS.

Warga setempat menyelenggarakan sejumlah acara untuk merayakan ulang tahun Jonathan selama tiga hari, yang berpuncak pada perayaan di hari ketiga. 

Diperkirakan lahir pada tahun 1832, Jonathan telah menghabiskan sebagian besar hidupnya di rumah perkebunan gubernur, menurut situs web pulau itu, yang menambahkan bahwa Jonathan dapat berfungsi sebagai simbol nasional untuk pulau itu. Gambar Jonathan bahkan menghiasi bagian belakang koin 5 pence St. Helena.

Jonathan, hewan darat yang paling lama hidup di dunia.

Photo :
  • nypost.com

Para ilmuwan bahkan telah mempelajari Jonathan untuk menentukan manfaat kesehatan apa yang mungkin mereka dapatkan dari pola makan dan sel-selnya.

Karena, sel-selnya tidak bermutasi dengan cara yang sama seperti sel-sel manusia, para ilmuwan berharap dia dapat mengungkap rahasia untuk memerangi kanker pada manusia.

Jonathan berbagi rumahnya dengan tiga kura-kura lainnya: Emma, betina berusia 54 tahun; David, laki-laki berusia 54 tahun; dan Frederika, sebelumnya Fredrik, kura-kura berusia 31 tahun yang awalnya dianggap jantan tetapi sekarang dianggap betina. Dua yang pertama tiba pada tahun 1969, dan Frederika tiba pada tahun 1991.

Jonathan tahun lalu melampaui pemegang rekor sebelumnya untuk hewan darat tertua yang masih hidup, seekor kura-kura Madagaskar bernama Tu'I Malila, yang diberikan kepada keluarga kerajaan Tonga pada tahun 1777 dan meninggal pada tahun 1965 pada usia 188 tahun, menurut majalah situs Smithsonian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya