Perburuan Panjang Alien Temui Titik Terang

Teleskop radio MeerKAT di Afrika Selatan.
Sumber :
  • SARAO

VIVA Tekno – Breakthrough Listen, sebuah proyek yang didanai swasta untuk mencari bukti kecerdasan luar angkasa atau alien, telah memulai operasi pada rangkaian teleskop radio MeerKAT di Afrika Selatan.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Selama dua tahun ke depan, tim akan mencari lebih dari satu juta bintang terdekat, memperluas jumlah target yang diamati, melansir dari situs Science Alert, Selasa, 6 Desember 2022.

"Saya sangat senang dapat melakukan pencarian tanda teknologi menggunakan salah satu teleskop paling sensitif di dunia," kata Ilmuwan Proyek MeerKAT dari Breakthrough Listen, Cherry Ng.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

MeerKAT akan memberi kita kemampuan untuk mendeteksi pemancar yang mirip dengan suar radio paling terang di Bumi hingga jarak 250 tahun cahaya.

Alien hidup di Planet Mars.

Photo :
  • News.de
Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Ada sekitar 260.000 bintang dalam rentang itu. Untuk bintang yang lebih jauh, pencarian menjadi lebih sulit, tetapi masih ada peluang untuk mendeteksi sinyal dari sumber yang jauh.

Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) memiliki posisi yang tidak menyenangkan karena jarang menerima dana penelitian dari pemerintah. NASA sebagian besar telah menghindari penelitian SETI sejak pembatalan Survei Gelombang Mikro Resolusi Tinggi yang direncanakan pada tahun 1993.

Tetapi pendanaan pribadi dari miliarder Julia dan Yuri Milner telah memberi SETI dorongan dalam beberapa tahun terakhir. Breakthrough Listen beroperasi menggunakan Teleskop Green Bank di AS dan Teleskop Parkes di Australia. Sedangkan MeerKAT adalah tambahan terbaru.

Susunan 64 parabola MeerKAT dapat melihat area langit 50 kali lebih besar dari teleskop Green Bank, menjadikannya alat yang luar biasa untuk mensurvei petak luas lingkungan galaksi terdekat.

Perangkat lunak Breakthrough Listen di MeerKAT memungkinkan mereka untuk beroperasi dalam 'mode komensal', yang berarti mereka membonceng teleskop dan dapat melakukan pencarian tanda-tanda teknologi tanpa mengganggu waktu pengamatan astronom lain.

Teleskop radio MeerKAT di Afrika Selatan.

Photo :
  • SARAO

Bidang pandang yang begitu besar biasanya berisi banyak bintang yang merupakan target tanda-tanda teknologi yang menarik, menurut penyelidik utama Breakthrough Listen, Andrew Siemion.

"Superkomputer baru kami memungkinkan kami menggabungkan sinyal dari 64 parabola untuk mendapatkan pemindaian beresolusi tinggi dari target ini dengan sensitivitas yang sangat baik, semuanya tanpa mempengaruhi penelitian astronom lain yang menggunakan larik tersebut," jelasnya. 

Salah satu target pertama yang akan diamati oleh Breakthrough Listen dengan MeerKAT adalah Proxima Centauri, bintang terdekat dengan dua planet berbatu yang diketahui berada di zona layak huni.

Para astronom memiliki pendapat yang berbeda mengenai apakah ada peradaban teknologi di luar sana untuk ditemukan.

Premis dari Breakthrough Listen adalah jika teknologi tidak melihat, kita tidak akan mendapatkan jawaban. Kemampuan kuat MeerKAT akan membuat pencarian itu lebih menyeluruh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya