Masyarakat Indonesia Bisa Melihat Hujan Meteor Usai Salat Isya Malam Nanti

Pengamatan hujan meteor Perseid di Klabat, Sulawesi Utara.
Pengamatan hujan meteor Perseid di Klabat, Sulawesi Utara.
Sumber :
  • Twitter/@photolucu

VIVA Tekno – Hari ini akan terjadi dua fenomena hujan meteor, yakni Monoceratid Desember dan Sigma Hydrid. Hujan meteor merupakan sejumlah meteor yang jatuh dan melewati permukaan Bumi dalam jumlah banyak sehingga terlihat seperti hujan yang turun.

Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (OR PA) menjelaskan bahwa meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer Bumi, disebabkan oleh panas yang dihasilkan tekanan ram.

"Untuk mengamati hujan meteor ini, tidak perlu menggunakan alat bantu optik, cukup dengan mata saja dan pastikan tidak ada objek yang menghalangi sudut dan bebas dari polusi cahaya," jelas mereka melalui Instagram @lapan_ri, Kamis, 8 Desember 2022.

Monoceratid Desember

Hujan meteor ini asal kemunculannya di konstelasi Monoceros yang terikat dengan konstelasi Orion dan Gemini. Ini bisa disaksikan dari arah timur selepas isya hingga sebelum Matahari terbit di arah barat.

Kemunculannya di konstelasi Monoceros yang berbatasan dengan konstelasi Orion dan Gemini. Ini dapat disaksikan dari arah timur selepas isya hingga sebelum

Halaman Selanjutnya
img_title