Google Doodle Tampilkan Robin Hood Indonesia Donald Pandiangan

Google Doodle tampilkan wajah Robin Hood Indonesia, Donald Djatunas Pandiangan.
Sumber :
  • Tangkapan layar Google search

VIVA Tekno – Google Doodle Senin hari ini, 12 Desember 2022, menampilkan wajah Donald Djatunas Pandiangan atau yang dijuluki sebagai Robin Hood Indonesia.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Donald Djatunas Pandiangan mendapat julukan tersebut karena telah berhasil memperoleh segudang prestasi dari cabang olahraga panahan. Google hari ini merayakan ulang tahun Donald Pandiangan yang lahir di Sidikalang, Sumatera Utara pada 12 Desember 1945.

4 Siswa MTsN 3 Malang Buktikan Kualitas dengan Raih Medali Emas di Rumania

Donald Djatunas Pandiangan yang dijuluki Robin Hood Indonesia

Photo :
  • istimewa

Donald Djatunas Pandiangan berhasil mengumpulkan lebih dari 20 medali emas untuk penguasaan busur dan anak panah di SEA Games. Ia juga telah melatih tim panahan yang memenangkan medali olimpiade pertama untuk Indonesia pada tahun 1988.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Donald Pandiangan merupakan anak kesepuluh dari sebelas bersaudara. Saat masih kecil, ia sempat bercita-cita menjadi insinyur. Namun, keuangan menjadi kendalanya untuk menyelesaikan kuliah.

Donald kemudian bekerja di sebuah perusahaan transportasi. Karena kinerjanya dinilai baik, Donald mendapat hadiah satu set panahan yang ternyata mampu mengubah hidupnya.

Google Doodle tampilkan wajah Robin Hood Indonesia, Donald Djatunas Pandiangan.

Photo :
  • Tangkapan layar Google search

Ia memulai terjun ke cabang olahraga panahan saat usianya 25 tahun. Donald jatuh cinta dengan panahan dan tekun berlatih. Setelah itu, tiga tahun kemudian dia berhasil memenangkan medali emas pertamanya di Pekan Olahraga Nasional VII pada tahun 1973 di Surabaya.

Pada empat tahun kemudian, Donald Pandiangan berhasil memecahkan rekor dunia di nomor Recurve 70m pada PON IX 1977 di Jakarta. Di tahun 1977 dan 1987 ia kembali meraih berkali-kali medali emas di SEA Games.

Di tahun 1980, Donald berada di puncak kariernya dan hampir berkompetisi di Olimpiade Musim Panas di Moskow, Uni Soviet, namun tidak dapat hadir karena Indonesia memboikot acara tersebut.

Beberapa tahun kemudian, Donald mulai melatih tim panahan wanita untuk kejuaraan Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul, Korea Selatan. Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani yang berhasil meraih medali perak pertama dalam sejarah Indonesia.

Selamat ulang tahun Donald Djatunas Pandiangan!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya