Pria Pendek Kemungkinan Besar jadi Psikopat

Ilustrasi psikopat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Digital – Tinggi badan tak akan menghalangi cinta dan tampaknya berlaku untuk para pasangan yang dimabuk kepayang.

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Contohnya saja Joe Jonas dan Tom Holland, keduanya lebih pendek dibanding pasangannya, namun terlihat dengan bangga berjalan di karpet merah bersama pasangan mereka yang lebih tinggi, Sophie Turner dan Zendaya.

Tetapi para ilmuwan mengatakan mereka yang mencari pasangan dengan tinggi yang lebih pendek mungkin perlu melanjutkan dengan hati-hati.

Terungkap Kelakuan Ayu Dewi di Rumah, Ternyata Aslinya Begini

Joe Jonas dan Sophie Turner.

Photo :
  • Instagram/recordingacademy
Lihat Bagian Tubuh Ini Pada Pria, Ternyata Bisa Prediksi Ukuran Penisnya

Sebuah penelitian telah menemukan pria yang lebih pendek cenderung menampilkan kecenderungan lebih narsis atau bahkan mengarah ke psikopat, untuk tampil lebih kuat.

"Napoleon Complex” atau juga disebut "sindrom pria pendek" adalah sikap mendominasi atau agresif yang ditunjukkan oleh orang-orang yang lebih pendek, mengimbangi kurangnya tinggi badan dan perasaan rendah diri.

Melansir New York Post, itu dinamai dengan nama komandan Prancis Napoleon Bonaparte, yang dilaporkan hanya memiliki tinggi 5'2 atau sekitar 1.68 cm dalam catatan sejarah dan diejek oleh surat kabar Inggris selama Revolusi Prancis.

Dia juga digambarkan sebagai orang yang pemarah yang mencari kekuasaan dan perang oleh musuh-musuhnya, dan dugaan perawakannya yang lebih kecil dan pendek terkait dengan sifat-sifat ini.

Lukisan Napoleon Bonaparte.

Photo :
  • Wikimedia Commons / National Gallery of Art

Penulis utama penelitian, Monika Kozlowska, dari University of Wroclaw di Polandia, mengatakan: "Ketika orang tidak bisa menjadi tangguh secara fisik, mereka mungkin menjadi tangguh secara psikologis" 

"Orang yang lebih pendek dengan ciri-ciri seperti psikopati dapat menggunakannya untuk menuntut rasa hormat, membebankan biaya pada orang lain, dan mengesankan pasangan romantis," jelasnya.

"Tampak lebih kuat pada gilirannya dapat membuat orang lain menganggap mereka lebih tinggi dari yang sebenarnya," ujar Monika.

Untuk penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Elsevier Personality and Individual Differences tersebut, Ms Koz?owska mempelajari apa yang disebut 'Kompleks Napoleon' itu.

Narsis

Photo :
  • Pixabay

Itu adalah sikap mendominasi atau agresif yang ditunjukkan oleh orang yang lebih pendek sebagai kompensasi atas kurangnya tinggi badan mereka.

Koz?owska ingin melihat apakah ada hubungan antara laki-laki dianggap lebih pendek dari rata-rata, dan menampilkan ciri kepribadian "dark triad" atau "tiga serangkai kegelapan".

Tiga Serangkai Kegelapan adalah nama yang diberikan untuk tiga ciri kepribadian buruk: narsisme, psikopat, dan Machiavellianisme.

Ketika ketiga sifat itu ditemukan pada satu orang, itu menyiratkan kepribadian jahat. Ketiga sifat triad gelap secara konseptual berbeda, tetapi telah terbukti memiliki tumpang tindih.

Narsisme ditandai dengan kemegahan, kebanggaan, egoisme, dan kurangnya empati.

Machiavellianisme ditandai dengan manipulasi dan eksploitasi orang lain. Ini juga sering dikaitkan dengan pengabaian moralitas yang sinis, dan fokus pada kepentingan pribadi dan penipuan.

Psikopat ditandai dengan perilaku antisosial yang berkelanjutan, impulsif, keegoisan, tidak berperasaan, dan tanpa belas kasihan.

Ini adalah psikopati, didefinisikan oleh kurangnya empati dan perilaku antisosial; narsisme, gaya kepribadian yang mementingkan diri sendiri; dan Machiavellianism, menunjukkan manipulasi dan ketidakpedulian terhadap moralitas.

Para peneliti mensurvei 367 pria dan wanita menggunakan kuesioner dark triad 'dirty lusin', di mana peserta ditanya seberapa kuat mereka setuju dengan frasa seperti 'Saya cenderung memanipulasi orang lain untuk mendapatkan apa yang saya inginkan'.

Dari tanggapan tersebut, mereka diberi skor yang menunjukkan seberapa kuat mereka menunjukkan sifat psikopat, narsisme, dan Machiavellianisme.

Setiap peserta juga harus mengungkapkan tinggi badan mereka, serta menunjukkan seberapa puas mereka dengan tinggi badan mereka dan seberapa sering mereka merasa demikian.

Ilustrasi psikopat.

Photo :
  • Pixabay

Hasilnya menunjukkan peserta yang lebih pendek dari kedua jenis kelamin yang ingin lebih tinggi cenderung mendapat skor lebih tinggi untuk ketiga sifat triad gelap.

Namun, narsisme sangat kuat dengan peserta pria dalam kategori ini. Para peneliti berhipotesis bahwa asosiasi ini dapat dikaitkan dengan evolusi.

Mereka menulis: "Pria yang lebih pendek dapat menuntut rasa hormat, membebankan biaya pada orang lain, mendapatkan sumber daya, dan mengesankan pasangan romantis dengan sifat mereka”.

"Wanita yang lebih pendek dapat menggunakan penipuan untuk tampil lebih menarik atau untuk mendapatkan perlindungan dan sumber daya”.

"Selain itu, tampil lebih kuat pada gilirannya dapat memengaruhi persepsi orang lain tentang perkiraan tinggi badan seseorang yang lebih pendek," lanjut tulisan tersebut.

"Kami mengusulkan bahwa ketangguhan psikologis dapat memberikan keuntungan dalam domain bertahan hidup dan perkawinan yang mengimbangi kerugian dalam ketangguhan fisik," tutup penelitian itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya