Anti Ribet, Ini 4 Cara Mudah Setting TV Digital!

Ilustrasi migrasi siaran TV analog ke TV digital (ASO).
Sumber :
  • Lifewire

VIVA Tekno – Kebanyakan, TV LED kini beralih ke siaran TV Digital yang mana membuat siaran menjadi lebih jernih dari pada TV berbasis analog. Walaupun demikian, kejernihan suatu tayangan di TV Digital juga harus sesuai dengan STB yang digunakan.

STB Ini Sudah Didukung Android TV

Seperti dikutip dari ayovaksindinkeskdi.id dalam artikel yang berjudul Set Top Box Siaran TV Digital Gratis Dari Pemerintah 2022 menginformasi bahwa STB terbaik memiliki ciri tersendiri. Kominfo juga menjelaskan jika Set Top Box yang sudah terverifikasi mempunyai ciri-ciri yaitu memiliki stiker khusus DVD-T2 dan terdapat logo MODI.

Ketika sudah menggunakan STB terbaik maka kalian juga mesti paham bagaimana caranya mengatur siaran TV digital dengan baik dan benar. Untuk menyetel TV Digital pun semua merek TV hampir sama bahkan dapat dilakukan tanpa bantuan teknisi sekalipun. 

MNC Jadi TV Penyelenggara Debat Capres, Nusron Wahid: Monopoli Penyiaran

Nah, berikut ini ada ulasan singkat mengenai tata cara setting TV Digital anti ribet dan mudah yang bisa menjadi tambahan wawasan Anda!

Cara Setting TV Digital Mudah dan Tepat

Timnas Amin Tak Persoalkan Hak Siar Debat Ketiga Capres Asalkan Tetap Independen

Sebenarnya ada banyak channel tv yang bisa kalian akses, termasuk sbo tv ini. Dengan menggunakan TV digital maka kalian bisa mengakses berbagai channel dengan mudah serta Jernih baik itu suara atau tampilanya.

Ilustrasi menonton siaran tv digital.

Photo :
  • Pixabay/mohamed_hassan

Berikut ini ada beberapa langkah mudah untuk menyetal ulang TV Digital yang bisa Anda lakukan tanpa bantuan teknisi, di antaranya sebagai berikut:

1. Pastikan Jika TV Anda Mendukung Saluran Digital

Cara setting TV Digital dengan mudah adalah pastikan apakah televisi Anda mendukung siaran digital atau tidak. Hal ini bertujuan untuk memastikan jika TV Anda bisa diakses melalui layar kaca. Jika TV Anda tidak mendukung siaran digital, maka Anda bisa menggunakan Set Top Box untuk menangkap sinyal TV Digital yang digunakan saat ini.

Cara untuk mengetahui apakah TV Anda bisa menangkap siaran digital adalah dengan melihat spesifikasi produk Cara untuk memastikan televisi milikmu dapat mengakses TV digital adalah dengan melihat spesifikasi produk melalui buku panduan TV atau internet.

2. Masuk ke Pengaturan Televisi

Kemudian, masuk menu pengaturan TV yakni dengan menekan menu pengaturan di remote TV. Lalu, jika sudah pilih opsi Program atau Programs. Opsi ini akan membantu Anda mencari siaran televisi digital baik secara otomatis ataupun manual dengan mudah.

3. Coba Lakukan Pencarian Sinyal Televisi

Cara selanjutnya untuk menyetel TV digital adalah dengan melakukan pencarian sinyal televisi. Untuk mempermudah menangkap sinyal TV, Anda bisa menggunakan pencarian otomatis melalui Settings dan kemudian memilih opsi Program pada menu TV. Kemudian, jika sudah langsung klik opsi Auto Tuning yang mana nanti klik antena televisi Anda untuk menangkap sinyal.

4. Tunggu Sampai Televisi Mendapatkan Siaran Digital

Setelah langkah ketiga Anda lakukan, maka Anda hanya tinggal menunggu siaran TV yang terbaca. 

Itulah ulasan singkat mengenai cara setting TV Digital dengan mudah yang bisa dijadikan referensi jika ingin beralih ke siaran digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya