Begini Caranya Melihat 'Isi' Lubang Hitam

Lubang hitam.
Sumber :
  • Durham University

VIVA Tekno – Lubang hitam adalah salah satu objek paling misterius di alam semesta. Alasannya karena persamaan relativitas umum yang kita gunakan untuk memahaminya rusak saat mempelajari pusat ultra padat lubang hitam.

Sederet Fakta Tentang Misteri Menghilangnya Kate Middleton

Namun sebuah makalah baru menunjukkan bagaimana para astronom suatu hari nanti dapat mengatasi tantangan ini dengan menggunakan gelombang gravitasi untuk melihat di dalam penggabungan lubang hitam dan mempelajari terbuat dari apakah mereka sebenarnya.

Dalam teori relativitas umum Einstein, black hole adalah objek yang mencegah cahaya keluar karena gravitasinya yang sangat kuat. Batas lubang hitam dikenal sebagai cakrawala peristiwa, di mana jika Anda melewati ambang itu, Anda tidak akan pernah bisa keluar. 

Pilot Veteran Australia Ungkap Teori Mengerikan, Rahasia Kelam Malaysia Airlines MH370 Terkuak?

Relativitas juga memprediksi bahwa pusat lubang hitam adalah titik dengan kerapatan sangat tinggi, yang dikenal sebagai singularitas, melansir dari situs Live Science, Jumat, 16 Desember 2022.

Kehadiran singularitas mengartikan bahwa persamaan itu sendiri sedang runtuh dan ketidakterbatasan mulai muncul dalam matematika yang mencegah perhitungan lebih lanjut. 

Hujan Amaterasu: Fenomena Misterius yang Membingungkan Para Astronom

Jadi peneliti menganggap relativitas umum tidak lengkap karena ada teori yang lebih mendasar, mungkin terkait dengan fisika kuantum skala subatomik yang dapat menggambarkan dengan tepat apa yang terjadi di pusat lubang hitam.

Lubang hitam.

Photo :
  • Russia Today

Meski belum memiliki teori gravitasi kuantum yang lengkap, peneliti memiliki beberapa kandidat. Misalnya teori string yang memprediksi bahwa semua partikel di alam semesta sebenarnya terbuat dari string yang bergetar sangat kecil. 

Ada juga loop quantum gravity, yang mengatakan bahwa ruang-waktu itu terbuat dari potongan-potongan kecil tak terpisahkan seperti piksel pada layar komputer.

Kedua pendekatan ini dapat menggantikan singularitas tradisional di tengah lubang hitam dengan sesuatu yang lain. Namun saat mengganti singularitas, itu biasanya juga akan menghilangkan cakrawala peristiwa. 

Hal tersebut karena cakrawala peristiwa disebabkan oleh tarikan gravitasi tak terbatas dari singularitas. Tanpa singularitas, tarikan gravitasi hanya sangat kuat tetapi tidak terbatas, sehingga objek dapat melarikan diri dari sekitar lubang hitam dengan kecepatan yang cukup.

Dalam beberapa variasi teori string, singularitas dan cakrawala peristiwa digantikan oleh jalinan simpul-simpul ruang-waktu yang kusut. 

Dalam gravitasi kuantum loop, singularitas menjadi nugget materi eksotis yang sangat kecil dan sangat padat. Sementara dalam model lain, seluruh lubang hitam digantikan oleh cangkang tipis materi atau oleh gumpalan partikel spekulatif jenis baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya