Bantu Pemilik Akun yang Kena Hack, Instagram Luncurkan Fitur Hacked Hub

Logo Instagram.
Sumber :
  • Instagram/@hiiyyk

VIVA Tekno – Peretasan akun di Instagram bukan hal yang asing lagi. Demi melindungi para penggunanya, baru-baru ini Instagram merilis fitur Hacked Hub seperti yang dilansir dari livemint.com. 

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

Dalam blognya, Instagram menjelaskan bahwa fitur baru ini bertujuan untuk para pengguna yang mengalami masalah tak bisa mengakses akun atau telah diretas

“Untuk mendukung akun yang mengalami masalah akses atau mungkin telah diretas, kami membuat Instagram.com/hacked – tujuan baru dan komprehensif yang dapat diandalkan orang melaporkan dan menyelesaikan masalah akses akun,” tulis Instagram.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Fitur ini bukan sekadar tombol ‘forget password’ yang biasanya tertera di media sosial saat pengguna hendak masuk dengan akunnya.

Instagram

Photo :
  • Getty Images
Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

“Jika Anda tidak dapat masuk ke akun Anda, buka Instagram.com/hacked di browser Anda melalui ponsel atau desktop Anda. selanjutnya, Anda dapat memilih apakah Anda merasa diretas, lupa kata sandi, kehilangan akses ke autentikasi dua faktor (two-factor authentication), atau jika akun Anda telah dinonaktifkan.”

“Dari sana, Anda dapat mengikuti serangkaian langkah untuk membantu mendapatkan kembali akses ke akun Anda. Jika Anda memiliki beberapa akun yang terkait dengan informasi Anda, Anda dapat memilih akun mana yang membutuhkan dukungan,” tambah Instagram.

Menurut laporan TechCrunch, Instagram juga memperluas akses ke fitur yang dapat memberi pengguna banyak cara mendapatkan kembali akun mereka jika kehilangan akses. 

Selain dukungan akun baru dan metode pemulihan, perusahaan menyebut bahwa mereka juga sedang menguji cara untuk membantu mencegah peretasan di Instagram sebelum hal itu terjadi. 

“Pertama, kami menghapus akun yang dianggap berbahaya oleh sistem otomatis kami termasuk akun yang menyamar sebagai orang lain yang bertentangan dengan Pedoman Komunitas kami. Kedua, karena pelaku kejahatan seringkali langsung menggunakan akun untuk kejahatan, kami sekarang menguji pengiriman peringatan jika akun yang kami curigai mungkin meniru permintaan seseorang untuk mengikuti Anda,” jelas Instagram.

Platform di bawah naungan Meta ini membeberkan dalam beberapa bulan ke depan mereka akan memberi peringatan kepada akun yang menyamar sebagai akun bisnis melalui Direct Message (DM).

Sebelumnya, Instagram memulai pengujian cara meminta konfirmasi identitas kepada teman untuk mendapatkan kembali akses akun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya