Waspada! Ini 7 Penyakit Kucing yang Bisa Menular ke Manusia

Ilustrasi kucing sakit (kudis)
Sumber :
  • Pixabay/mochawalk

VIVA Digital – Meski sebagian besar penyakit menular kucing hanya menyerang kucing, beberapa penyakit ini bisa ditularkan kepada manusia. Penyakit yang bisa ditularkan dari hewan ke manusia ini disebut dengan zoonosis. Kemungkinan rata-rata orang tertular penyakit zoonosis dari kucing cukup rendah, tapi individu dengan sistem kekebalan lemah bisa terserang penyakit ini.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Orang yang rentan terkena penyakit dari kucing ini adalah individu dengan sindrom imunodefisiensi (AIDS), orang tua, dan orang yang sedang menjalani kemoterapi kanker atau menerima obat lain yang bisa menekan sistem kekebalan tubuh mereka. Menghimpun dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang penyakit menular kucing ke manusia.

1. Infeksi Bakteri Bartonella henselae

5 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

Ilustrasi kucing berbulu putih atau kucing putih

Photo :
  • Pexels

Jenis penyakit yang dapat ditularkan kucing ke manusia adalah infeksi bakteri. Penyakit cakaran kucing (CSD) disebabkan oleh bakteri yang disebut Bartonella henselae, yang dapat dibawa dalam air liur dan kutu kucing yang terinfeksi. Seperti namanya, infeksi bakteri ini biasanya ditularkan dari kucing ke manusia melalui garukan.

Tukul Arwana Masih Rutin Jalani Terapi, Anak Minta Doa

Namun, penyakit ini juga bisa menular melalui gigitan dan jilatan kucing pada luka terbuka pada manusia. Pada kucing, bakteri ini paling sering menyebar melalui gigitan kutu kucing yang terinfeksi dan juga dapat ditemukan pada kotoran kutu tersebut, yang dapat menjadi sumber infeksi jika bersentuhan dengan luka terbuka pada kucing atau manusia.

2. Infeksi Bakteri Salmonella

Ilustrasi Bakteri Salmonella

Photo :
  • Pixabay

Jenis penyakit paling umum yang dapat ditularkan ke manusia adalah salmonellosis. Penyakit yang disebabkan oleh sekelompok bakteri yang disebut salmonella, menyebabkan diare, demam, dan sakit perut satu hingga tiga hari setelah infeksi. Orang biasanya tertular salmonella karena mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi.

Makanan ini termasuk ayam atau telur yang kurang matang, tetapi penyakit ini dapat tertular dari kucing yang terinfeksi, yang dapat membawa salmonella dan menyebarkannya melalui kotorannya. Salmonella lebih banyak ditemukan pada kucing atau burung dan hewan liar yang memakan daging mentah.

3. Infeksi Parasit

Parasit.

Photo :
  • U-Report

Kutu adalah ektoparasit kucing yang paling umum, dan gigitannya dapat menyebabkan gatal dan peradangan pada manusia dan kucing. Kutu juga dapat menjadi vektor CSD dan penyakit zoonosis lainnya. Kucing yang terserang kutu dapat terinfeksi cacing pita penyebab kutu selama perawatan. Meski jarang, orang juga bisa terkena cacing pita karena menelan kutu secara tidak sengaja.

4. Kudis

Ilustrasi kucing sakit (kudis)

Photo :
  • Pixabay/mochawalk

Kudis, atau infeksi oleh tungau sarcoptic Sarcoptes scabiei, adalah parasit eksternal zoonosis lainnya pada kulit kucing. Meskipun tidak sesering infestasi kutu, tungau ini dapat ditularkan dari kucing yang terinfeksi ke manusia, di mana mereka masuk ke dalam kulit dan menyebabkan luka yang menyakitkan.

Perawatan pada manusia biasanya termasuk penggunaan krim topikal untuk mengurangi rasa gatal, merawat hewan peliharaan yang terinfeksi dengan rajin, dan membersihkan pakaian dan tempat tidur dengan hati-hati.

5. Infeksi Jamur

Ilustrasi kucing sakit (jamuran)

Photo :
  • Pixabay/IgorShubin

Kurap atau dermatofitosis sama sekali tidak disebabkan oleh cacing. Sebaliknya, itu adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh sekelompok jamur. Kucing yang terinfeksi biasanya berasal dari lingkungan dengan jumlah hewan yang banyak. Pada kucing, kurap biasanya muncul sebagai bercak kering, abu-abu, dan bersisik pada kulit.

Pada manusia, kurap biasanya muncul sebagai luka bulat, merah, gatal dengan lingkaran sisik di sekitar tepinya. Lesi dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk kulit kepala, kaki (disebut "kaki Hong Kong"), selangkangan, atau janggut. Herpes zoster menyebar melalui kontak dengan kulit atau bulu hewan yang terinfeksi, baik secara langsung maupun dari lingkungan yang terkontaminasi.

6. Toksoplasmosis

Toksoplasmosis disebabkan oleh parasit protozoa Toxoplasma gondii. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah dan bayi yang ibunya terinfeksi selama kehamilan dapat menjadi sakit parah akibat parasit tersebut. Namun, kebanyakan orang yang terinfeksi Toxoplasma gondii tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit yang jelas.

Kucing dapat terinfeksi Toxoplasma gondii dengan memakan hewan pengerat yang terinfeksi, burung, atau apa pun yang terkontaminasi kotoran hewan lain yang terinfeksi. Kucing yang terinfeksi dapat menularkan parasit melalui kotoran hingga dua minggu. Setelah ditumpahkan dalam tinja, parasit harus matang selama satu sampai lima hari untuk menyebabkan infeksi.

7. Rabies

Foto-foto yang Membuktikan Kucing Itu Jahat

Photo :
  • Ranker

Rabies adalah penyakit virus yang disebarkan oleh gigitan hewan yang terinfeksi. Sementara sebagian besar virus hanya menginfeksi spesies inang alaminya, rabies merupakan pengecualian penting. Kucing sangat rentan terhadap rabies, yang menyerang sistem saraf pusat, menyebabkan berbagai gejala. Rabies hampir selalu berakibat fatal.

Pada manusia, infeksi rabies biasanya terjadi ketika hewan yang terinfeksi menggigit seseorang. Untuk melindungi kesehatan manusia, undang-undang di banyak negara mengharuskan kucing divaksinasi rabies. Untuk mengurangi risiko rabies lebih lanjut, hindari kontak dengan hewan liar dan hewan liar serta segera cari pertolongan medis jika digigit hewan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya