Berapa Umur Air di Bumi?

Planet Bumi.
Sumber :
  • Spacenews

VIVA Tekno – Asal usul air di Bumi telah menjadi misteri abadi. Ada berbagai hipotesis dan teori yang menjelaskan bagaimana air bisa sampai di sini, dan banyak bukti yang mendukungnya.

Komet Setan Muncul Jelang Idul Fitri

Sebuah artikel penelitian di GeoScienceWorld Elements menunjukkan bahwa Tata Surya muda lainnya memiliki air yang melimpah, menurut situs Science Alert, Selasa, 20 Desember 2022.

Di Tata Surya, air mengikuti perjalanan bintang muda yang tumbuh dan saat planet terbentuk. Buktinya ada di kandungan air Bumi yang berat, dan itu menunjukkan bahwa air di Bumi berumur 4,5 miliar tahun.

Polisi Amankan 5 Orang terkait Kasus Bensin Dioplos Air di SPBU Bekasi

Artikel berjudul 'We Drink Good 4,5-Billion-Year-Old Water'ditulis Cecilia Ceccarelli dan Fujun Du. Ceccarelli adalah astronom Italia di Institute for Planetary Sciences and Astrophysics di Grenoble, Prancis.

Sementara Du adalah astronom di Observatorium Gunung Ungu di Nanjing, China. Pembentukan Tata Surya dimulai dengan awan molekul raksasa.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Awan sebagian besar terdiri dari hidrogen, komponen utama air. Berikutnya adalah helium, oksigen, dan karbon, dalam urutan kelimpahan.

Awan juga mengandung butiran kecil debu silikat dan debu karbon. Artikel penelitian membawa kita menelusuri sejarah air di Tata Surya dan dari sinilah asal mulanya.

Konsep seniman tentang superbenua Pangea dan lautannya yang luas.

Photo :
  • Getty Images

Di sini, di awan molekuler yang dingin, ketika oksigen bertemu dengan butiran debu, itu membeku dan melekat ke permukaan. Ketika itu terjadi, keduanya bereaksi dan membentuk air es atau dua jenis air, air biasa dan air berat yang mengandung deuterium.

Deuterium adalah isotop hidrogen yang disebut hidrogen berat (HDO). Itu memiliki satu proton dan satu neutron dalam nukleusnya, memisahkannya dari hidrogen biasa, yang disebut protium.

Protium memiliki proton tetapi tidak memiliki neutron. Kedua isotop hidrogen ini stabil dan bertahan hingga saat ini. Keduanya dapat bergabung dengan oksigen membentuk air.

Ketika air es membentuk mantel pada butiran debu, penulis menyebutnya fase dingin, langkah pertama dalam proses yang mereka uraikan dalam artikel mereka. Gravitasi mulai mengerahkan dirinya di awan saat materi menggumpal di tengahnya.

Lebih banyak massa jatuh ke pusat awan molekuler dan mulai membentuk protobintang. Beberapa gravitasi diubah menjadi panas, dan dalam beberapa satuan astronomi (AU) dari pusat awan, gas dan debu di piringan mencapai 100 Kelvin (-280 Fahrenheit).

Informasi saja, 100 K sangat dingin dalam istilah Bumi. Tapi secara kimia, itu cukup memicu sublimasi dan es berubah fase menjadi uap air.

Sublimasi terjadi di wilayah corino yang panas, selubung hangat yang mengelilingi pusat awan. Meskipun mereka juga mengandung molekul organik kompleks, air menjadi molekul paling melimpah di corinos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya