Arkeolog Temukan Makam Bidan Yesus di Israel

Gua pemakaman Salome.
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVA Tekno – Sebuah makam kuno yang secara tradisional dikaitkan dengan bidan Yesus sedang digali kembali oleh para arkeolog. Makam itu terletak di perbukitan barat daya Yerusalem dan telah mendapat perhatian baru dari Otoritas Kepurbakalaan Israel.

Jangan Hina Israel di Facebook dan Instagram

Kompleks gua pemakaman Yahudi yang didekorasi dengan rumit berasal dari sekitar abad pertama Masehi, yang kemudian dikaitkan oleh orang Kristen setempat dengan Salome, bidan Yesus dalam Injil.

Kapel Bizantium dibangun di situs tersebut, yang merupakan tempat ziarah dan pemujaan selama berabad-abad sesudahnya, dikutip dari situs Metro, Kamis, 22 Desember 2022.

Cerita Nita Gunawan Pindah Agama ke Kristen, Dituding Jadi Penyebab Sang Ayah Meninggal Dunia

Gua tersebut pertama kali ditemukan dan digali puluhan tahun lalu oleh seorang arkeolog Israel. Halaman depannya kini digali oleh arkeolog yang berbeda sebagai bagian dari proyek pengembangan jejak warisan di wilayah tersebut.

Salib dan prasasti dalam bahasa Yunani dan Arab, yang diukir di dinding gua selama periode Bizantium dan Islam menunjukkan bahwa kapel itu didedikasikan untuk Salome.

RSUD Jombang Panggil Nakes Tusuk Briptu FS, Kroscek Isu Selingkuh dengan Dokter

Ikon religius di dalam gua

Photo :
  • AP

"Di sana peziarah harus menyewa lampu minyak, masuk ke dalam gua, berdoa, lalu keluar untuk mengembalikan lampu minyak," kata direktur penggalian, Ziv Firer.

Arkeolog juga menemukan puluhan dari mereka dengan dekorasi tanaman dan bunga yang indah.

"Menurut tradisi Kristen, Salome adalah bidan dari Bethlehem yang dipanggil untuk berpartisipasi dalam kelahiran Yesus. Dia tidak percaya bahwa dia diminta untuk melahirkan bayi perawan, tangannya yang kering baru sembuh ketika memegang buaian bayi itu," ujar Firer.

Dia menambahkan bahwa nama "Salome" atau "Shlomit" adalah nama umum Yahudi pada periode Kuil Kedua dalam keluarga Hasmonean dan Herodian.

“Nama Salome mungkin muncul di zaman kuno di salah satu osuarium di makam, dan tradisi yang mengidentifikasi situs tersebut dengan Salome sang bidan berkembang, dengan gua yang dihormati oleh agama Kristen,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya