Kopi Bisa Bikin Orang Kena Serangan Jantung

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA Digital – Minum dua atau lebih cangkir kopi per hari secara signifikan dapat meningkatkan risiko kematian terkait penyakit jantung pada beberapa pasien yang memilki tekanan darah tinggi, sebuah penelitian menunjukkan.

Pengemudi yang Gagal Drift hingga Tabrak Starling dan Ojol Diamankan Polisi

Peneliti Jepang menemukan orang yang tekanan darahnya di atas 160/100 mmHg - dianggap sangat tinggi, dua kali lebih mungkin meninggal karena masalah jantung dibandingkan dengan orang dengan tingkat yang lebih rendah.

Menariknya, peningkatan risiko tidak berlaku untuk orang dengan tekanan darah tinggi yang tidak dianggap parah.

Viral Starling Ketabrak Mobil Gagal Drift di Pondok Indah, Polisi Ungkap Faktanya

Minuman kopi.

Photo :
  • U-Report

Baik atau tidaknya kopi untuk kesehatan telah lama diperdebatkan oleh para ilmuwan. Studi sebelumnya telah menemukan bahwa beberapa cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi semua penyebab kematian, sementara yang lain menghubungkan minuman tersebut dengan kanker.

Macet Menuju Pelabuhan Merak Jadi Tontonan dan Membawa Berkah Bagi Warga Sekitar

Kafein, bahan yang paling menonjol dalam kopi, diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung seseorang untuk sementara waktu.

Ada juga faktor luar yang berperan dalam minum kopi yang dapat mengaburkan jenis studi ini, seperti berapa banyak gula atau susu yang dimasukkan seseorang ke dalam minumannya.

Mereka juga mencatat, penelitian sebelumnya yang menghubungkan minuman pagi dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan kanker.

Sakit Jantung

Photo :
  • vstory

"Studi kami bertujuan untuk menentukan apakah efek perlindungan kopi yang diketahui juga berlaku untuk individu dengan berbagai tingkat hipertensi; dan juga meneliti efek teh hijau pada populasi yang sama," jelas Dr Hiroyasu Iso, seorang peneliti dari pusat tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan melansir Daily Mail

"Sejauh pengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang menemukan hubungan antara minum dua atau lebih cangkir kopi setiap hari dan kematian penyakit kardiovaskular di antara orang dengan hipertensi berat," lanjutnya. 

Para peneliti, yang menerbitkan temuan mereka pada hari Rabu di Journal of American Heart Association, mengukur bagaimana minum kopi dan teh hijau setiap hari dapat berdampak pada kesehatan jantung.

Tips menurunkan tekanan darah tinggi

Photo :
  • Times of India

Studi tersebut melibatkan hampir 20.000 peserta, dengan lebih dari 12.000 wanita dan lebih dari 6.570 pria yang tinggal di Jepang dari tahun 1990 hingga 2009.

Data dikumpulkan dari Japan Collaborative Cohort Study for Evaluation of Cancer Risk, sebuah studi tahunan yang menentukan risiko kanker berdasarkan pilihan gaya hidup.

Sebagai bagian dari survei tahunan, para peserta akan melaporkan kebiasaan makan mereka, seperti berapa banyak kopi yang mereka minum setiap hari. Mereka juga akan melaporkan kondisi kesehatan yang telah didiagnosis, termasuk hipertensi.

Peneliti membagi populasi sampel menjadi lima kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok optimal, dengan tekanan darah sehat 130/85mmHg.

Lalu, yang kedua adalah kelompok dengan tekanan darah lebih tinggi, namun tetap sehat, pada 130/85mmHG. Siapa pun dengan tekanan darah lebih tinggi dari 140/90mmHG dianggap menderita hipertensi.

Penderita dengan tekanan darah di bawah 160/100mmHG ditempatkan di kategori 1, dan mereka yang lebih tinggi dari kategori 1 tetapi di bawah 180/110mmHG berada di kategori 2.

Setiap peserta dengan tekanan darah lebih dari 180/110mmHG ditempatkan ke dalam kategori 2.

Ampas kopi

Photo :
  • Pixabay

Konsumsi kopi tidak memiliki kaitan dengan kematian akibat penyakit jantung di setiap kelompok selain kategori 3. Teh hijau tidak memiliki kaitan dengan kematian kardiovaskular di salah satu kelompok.

Untuk kelompok dengan tekanan darah tertinggi, peneliti menemukan bahwa minum dua cangkir kopi setiap hari meningkatkan risiko kematian penyakit jantung dua kali lipat selama masa studi.

Menariknya, tidak ada peningkatan risiko yang mencolok bagi orang yang hanya minum satu cangkir. "Temuan ini mungkin mendukung pernyataan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi yang parah harus menghindari minum kopi berlebihan," lanjut Dr Iso.

"Karena orang dengan hipertensi berat lebih rentan terhadap efek kafein, efek berbahaya kafein mungkin lebih besar daripada efek perlindungannya dan dapat meningkatkan risiko kematian." jelas Dr Iso. 

Orang yang minum lebih banyak kopi juga cenderung lebih muda, perokok, peminum, memiliki kolesterol lebih tinggi, tekanan darah lebih rendah, dan pola makan yang lebih buruk.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa 45 persen orang dewasa AS memiliki hipertensi yang tidak terkontrol - setidaknya 140/90mmhg atau lebih tinggi - yang akan menempatkan setidaknya kategori 1 dalam penelitian ini.

Tidak ada data tentang berapa banyak orang Amerika yang memiliki tekanan darah lebih tinggi dari 180/110mmHg.

Tekanan darah tinggi dapat merusak arteri dan pembuluh darah di seluruh tubuh. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan lebih sedikit darah kaya oksigen yang mengalir ke jantung.

Hal ini dapat menyebabkan komplikasi parah seperti penyakit jantung, stroke, serangan jantung atau gagal jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya