Di manakah Makam Sinterklas?

Sinterklas.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno – Sebuah desa abad pertengahan yang sudah ditinggalkan di Irlandia diduga menyimpan legenda Natal misterius.

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

Di tengah padang rumput berbukit hijau penuh domba yang sedang merumput dan kuburan dengan nisan yang berasal dari abad ke-13, reruntuhan Gereja Santo Nicholas menjulang di atas rumah keluarga Maeve dan Joe O'Connell.

Mereka yang beristirahat selamanya di sini adalah penghuni awal perkebunan, umat paroki gereja, dan menurut legenda setempat, Santo Nicholas dari Myra. Ya, Santo Nick yang menginspirasi Sinterklas.

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Saat ini, keluarga O'Connell adalah pemilik dan satu-satunya manusia (yang masih hidup) penghuni Jerpoint Park, kota pertengahan abad ke-12 yang terbengkalai. Kota seluas 120 hektare ini terletak 20 kilometer di selatan kota Kilkenny, Irlandia.

Terletak di sepanjang titik persimpangan Sungai Nore dan Sungai Little Arrigle, permukiman ini (sebelumnya disebut Newtown Jerpoint) diperkirakan didirikan oleh orang Normandia, yang tiba di Irlandia pada 1160 Masehi.

Uskup Sydney yang Ditikam Maafkan Penyerangnya: Saya Selalu Mendoakanmu

Menurut rencana konservasi yang disusun oleh Dewan Peninggalan Irlandia, kota ini berkembang hingga abad ke-15, dengan bukti arkeologi adanya rumah, pasar, menara, jembatan, jalan, pabrik, sistem pengelolaan air, dan Biara Jerpoint di dekatnya, yang masih berdiri hari ini.

Namun, pada abad ke-17, penghuni kota itu menghilang, kemungkinan karena kombinasi serangan kekerasan dan wabah penyakit. Bagaimana tempat yang dirumorkan sebagai makam Santo Nicholas bisa berada di sebuah kota hantu yang berubah menjadi peternakan pribadi adalah sesuatu yang misterius.

Santo Nicholas dari Myra yang menginspirasi Sinterklas.

Photo :
  • Alamy/BBC

Namun, beberapa orang, termasuk O'Connells, percaya bahwa legenda setempat dapat menjelaskan klaim yang luar biasa tersebut. "Legenda mengatakan memang selalu ada di sini," kata Maeve saat mengantar saya berkeliling properti, ditemani oleh Tim, Labrador cokelat yang ramah, dikutip dari situs BBC, Minggu, 25 Desember 2022.

Ia melihat ke arah patung batu berornamen di kuburan gereja. Batu nisan datar itu bergambar sosok laki-laki yang sedang berdiri, dengan kedua ibu jari bertemu, telapak tangan menghadap ke luar, merujuk pada sifat dermawan orang yang dikebumikan. "Dia pemberi," katanya.

Simbolisme, tentu saja, membutuhkan sedikit penjelasan bagi siapa pun, yang ketika kecil pernah menerima hadiah dari Sinterklas, Kris Kringle, Bapak Natal, dan banyak julukan Santo Nicholas lainnya.

Meskipun Sinterklas masih hidup dan sehat di hati orang-orang yang percaya, orang yang mengilhami tokoh-tokoh legendaris itu adalah manusia fana, Santo Nicholas dari Myra, Turki.

Sebelum menjadi orang suci, Nicholas adalah seorang anak laki-laki yatim piatu yang lahir di kota Romawi kuno Patara. Santo Nicholas memberikan warisannya kepada "yang membutuhkan, yang sakit, dan yang miskin", menurut Vatikan News.

Ia menjadi Uskup Myra, yang kini menjadi bagian dari Turki; menghadiri Konsili Nicea pada 325, yang menyatakan Yesus sebagai anak Allah; meninggal dunia di Myra pada 6 Desember 343 dan dimakamkan di sana.

Namun, lokasi tepatnya makam Santo Nicholas masih menjadi teka-teki bagi para sejarawan. Ada yang percaya makamnya utuh di bawah lantai Gereja Santo Nicholas di Antalya, Turki.

Yang lain mengklaim tubuh St Nicholas dicuri dan dipindahkan ke Bari, Italia, di ruang bawah tanah di bawah Basilica di San Nicola.

Lebih jauh lagi, banyak yang berpendapat bahwa jenazah Santo Nick diambil, dan kemudian dijual, diperdagangkan atau dihadiahkan kepada orang-orang dan gereja di seluruh dunia.

Maeve mencondongkan tubuh, menunjuk ke gambar dua sosok laki-laki yang mengintip dari balik bahu Santo Nicholas di patung itu. Mereka mewakili dua ksatria tentara salib yang diduga mengangkut jenazah Santo Nicholas dari tempat pemakamannya di Turki ke Italia "untuk diamankan", kata dia.

Namun, legenda mengatakan para ksatria membawa jenazah sang orang suci itu ke Irlandia, di mana relik itu berakhir di Gereja Santo Nicholas di Newtown Jerpoint dan akhirnya dimakamkan di pemakaman yang berada di halaman gereja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya