Begini Wajah Firaun Ramses II

Rekonstruksi wajah Firaun Ramses II.
Sumber :
  • Face Lab IJMU

VIVA Tekno – Ramses II dianggap sebagai Firaun paling terkenal dan terkuat di seluruh Kekaisaran Mesir. Baru-baru ini, para ilmuwan berhasil mendesain ulang wajahnya menggunakan model 3D tengkorak untuk merekonstruksi ciri-cirinya secara ilmiah.

Eca Aura Bikin Pangling Tampil Pakai Hijab, Mirip Banget Sama Nissa Sabyan

Tim peneliti dari Universitas Kairo di Mesir dan Lab Wajah di Universitas John Moores Liverpool (LJMU) di Inggris telah berkolaborasi untuk merekonstruksi fitur wajah Ramses II pada saat kematiannya, pada usia 90 tahun, dan pada usia yang lebih muda, 45 tahun menggunakan pindaian mumi yang 'dibuka secara digital', dipajang di Museum Nasional Peradaban Mesir di Kairo, Mesir.

Dua gambar detail dibuat menggunakan teknologi pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT), yang terbukti memungkinkan rekonstruksi wajah secara akurat bersama dengan perangkat lunak analisis untuk mengurai detail sesuai dengan pengukuran lapisan otot wajah khas Mesir, jelas Sahar Saleem.

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

"Saya menemukan wajah yang direkonstruksi adalah orang Mesir yang sangat tampan dengan fitur wajah khas Ramses II, hidung yang menonjol dan rahang yang kuat," kata Saleem.

Perangkat lunak atau software ini mengidentifikasi sifat-sifat dari berbagai lapisan bahan di wajah mumi, seperti perban linen di atasnya, sehingga memungkinkan untuk membuka bungkus digital Firaun.

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

Ia berpendapat bahwa pengukuran rata-rata lapisan otot wajah berbeda dari satu populasi atau etnis yang lain di berbagai bagian wajah, termasuk kemiringan dahi dan daerah hidung, malar, dan labial.

Raja Firaun.

Photo :
  • U-Report

“Pendekatan paling ilmiah adalah dengan menggunakan pengukuran dari populasi yang sedekat mungkin dengan subjek Anda,” kata Saleem yang berhasil melakukan CT scan lebih dari 40 mumi kerajaan, termasuk penguasa Mesir Tutankhamun (1341-1323 SM) yang wajahnya dibuat ulang awal bulan ini.

Visualisasi fitur wajah yang bagus seperti tindik telinga dan gaya rambut juga dimungkinkan oleh perangkat lunak rekonstruksi gambar modern, lanjutnya.

Pemimpin proyek, Caroline Wilkinson bersama dengan tim ilmuwan gabungan, menghabiskan tiga bulan untuk menghasilkan wajah penguasa Mesir 3.300 tahun setelah kematiannya.

“Saat kami melihat tengkorak untuk pertama kalinya, awalnya kami mencari detail karakteristik yang paling terlihat. Misalnya pada Ramses II terdapat tulang hidung yang sangat lebar. Itu, di antara mata, sangat tinggi dan sangat menonjol, ”kata Wilkinson. 

Semakin kuat otot di tempatnya berlabuh, semakin banyak keterikatannya akan meninggalkan bekas yang terlihat di permukaan tengkorak.

Para peneliti pertama kali merekonstruksi wajah Ramses II pada usia 90 tahun saat dia meninggal. Kemudian mereka membalikkan proses penuaan, memutar balik waktu, hingga menampakkan wajahnya di puncak kekuasaannya di usia 45 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya