Gaji Buruh Pabrik Foxconn Naik 67%

Uang Receh
Sumber :
  • doc.corbis

VIVAnews - Foxconn Technology, perusahaan pembuat produk untuk Apple, HP, Dell, Sony, dan lain-lain itu untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari satu pekan menyatakan akan menaikkan gaji karyawannya.

Setelah menerima hujan kritik akibat kontribusinya dalam berbagai kasus bunuh diri yang dilakukan para pekerjanya, Foxconn menjanjikan dalam waktu empat bulan ke depan, mereka akan menerapkan kenaikan gaji tersebut.

Seperti dikutip dari TodayOnline, Senin 7 Juni 2010, efektif pada 1 Oktober 2010, dari gaji pokok sebesar 900 yuan dan gaji total sebesar 1.200 yuan, Foxconn akan menaikkan sebesar 67 persen.

Secara total, buruh pabrik yang juga membuat iPhone, iPad, notebook, dan perangkat lainnya itu akan menerima upah total sebesar 2.000 yuan, atau sekitar Rp 2,7 juta per bulan.

Sebagai informasi, hujan kritik yang diterima Foxconn dari berbagai pihak merupakan imbas dari kasus bunuh diri yang dilakukan oleh 10 orang karyawan pabrik mereka. Dilaporkan, karyawan mengalami stress akibat kesejahteraan yang buruk saat bekerja di pabrik Foxconn di Shenzhen, China.

Terkait masalah ini, Foxconn sudah menyatakan permintaan maaf dan membuka pabrik mereka bagi media atau partner yang ingin melakukan investigasi. (art)

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya
Proses Pemungutan suara pemilu 2024. (foto ilustrasi)

UU Pemilu Perlu Direvisi sebagaimana Pertimbangan MK, Menurut Anggota DPR

Anggota Komisi II DPR RI menyatakan sepakat bahwa UU Pemilu perlu dilakukan revisi sebagaimana yang terdapat dalam pertimbangan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024