Ini yang Terjadi pada Otak Ketika sedang Jatuh Cinta

Ilustrasi jatuh cinta.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Jatuh cinta mungkin memukul hatimu, tapi apa pengaruhnya pada otakmu? Ternyata jatuh cinta berhubungan dengan pelepasan bahan kimia otak utama dari bagian otak tertentu, menurut Gul Dolen, seorang profesor ilmu saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins di Baltimore.

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Bagian otak tersebut disebut sebagai hipotalamus. Daerah multi-fungsi seukuran almond ini jauh di dalam otak, melepaskan hormon oksitosin atau yang disebut sebagai "zat kimia cinta". 

Oksitosin adalah hormon khusus yang mendorong ikatan. Ini dilepaskan saat melahirkan, menyusui, orgasme dan dipeluk oleh sel-sel di hipotalamus ke kelenjar pituitari, di mana itu disimpan untuk digunakan nanti.

Ramalan Zodiak Selasa 23 April 2024: Cancer Merasa Stres, Pisces Kesulitan Finansial

"Hal pertama yang harus kami perjelas adalah apa yang kami maksud dengan cinta. Kami memiliki satu kata dalam bahasa Inggris. Orang Yunani memiliki enam kata untuk berbagai jenis cinta, dari hasrat seksual, persahabatan hingga cinta yang mendalam," jelasnya.

Tidak semua cinta terlihat sama di otak dan jenis cinta berbeda, seperti cinta romantis, ikatan orang tua atau kasih sayang teman, memiliki kekuatan yang berbeda.

4 Pasangan Zodiak Ini Dianggap Cocok Untuk Cinta Abadi, Siapa Saja Mereka?

Meskipun semua perasaan ini melibatkan bahan kimia otak yang sama sampai batas tertentu, semuanya tidak berasal dari neuron atau sel saraf yang sama di otak, melansir dari situs Live Science, Kamis, 29 Desember 2022.

Dolen dan rekan-rekannya menemukan bahwa cinta romantis berasal dari neuron magnoselular, atau lebih besar, di hipotalamus. Sementara bentuk cinta lainnya, seperti kasih sayang untuk penjaga, berasal dari neuron parvoselular atau lebih kecil.

Ilustrasi jatuh cinta.

Photo :
  • U-Report

Penelitian yang dilaporkan dalam Neuron Journal mengungkap alasan lain mengapa cinta romantis menguasai indra.

"Bukan hanya masalah ukuran," kata Dölen. Jatuh cinta melepaskan 60.000 hingga 85.000 molekul oksitosin dalam neuron magnoselular. Ini jauh lebih banyak daripada di neuron yang lebih kecil, yang melepaskan 7.000 hingga 10.000 molekul.

Begitu dilepaskan, molekul oksitosin cinta romantis dan cinta ikatan bertindak berbeda. Ketika oksitosin meninggalkan neuron magnoselular (sel oksitosin cinta romantis), itu memasuki aliran darah dan cairan serebrospinal yang bersirkulasi, yang menggenangi otak. 

Di mana pun itu bertemu dengan sel yang memiliki reseptor oksitosin —kelenjar adrenal, rahim, payudara, dan otak— oksitosin cinta mengikat dan mengaktifkan reseptor tersebut. 

Respons reseptor bervariasi menurut organ, tetapi mencakup laktasi, penekanan respons stres, dan perasaan cinta, termasuk keterikatan dan euforia.

"Sebaliknya, Otak Anda melepaskan jumlah oksitosin yang jauh lebih kecil dari neuron yang lebih kecil karena Anda perlu menilai apakah penjaga Anda akan mendukung Anda," lanjutnya.

Ketika oksitosin meninggalkan neuron parvoselular (sel cinta oksitosin platonis), itu hanya dikirim ke sinapsis tertentu di otak dan tidak membasahi otak atau memasuki aliran darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya